Kampanye Peduli Lingkungan, Istri Walikota Sebar Kantong Non Plastik

MAYANGAN,- Ancaman kerusakan lingkungan akibat kantong plastik, nampaknya disadari betul oleh Ketua Tim Penggerak PPK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zaenal Abidin. Aminah pun tak tinggal tinggal diam, ia mengkampanyekan penggunaan tas non plastik.

Kampanye peduli lingkungan itu dilakukan Aminan di sebuah mal di Jl. dr Soetomo, Kota Probolinggo, Jum’at (4/6/21). Aminah membagikan tas kantong berbahan dasar non plastik kepada pengunjung mal.

Selain itu, sejumlah pengunjung yang kedapatan menggunakan tas non plastik saat belanja, ia beri souvernir sebagai bentuk apresiasi karena si pengunjung peduli Aminah tak sendiri, ia ditemani puluhan anggota PKK se-Kota Probolinggo.

“Hari ini kami kampanye peduli lingkungan dengan membagikan tas kantong non plastik, yakni tas berbahan kain kepada konsumen yang sedang membayar di kasir,” kata Aminah.

Ia menjelaskan, edukasi peduli lingkungan tak hanya sekedar euforia memperingati Hari Lingkungan Hidup yang jatuh setiap tanggal 5 Juni. “Di Kota Probolinggo pengurangan sampah plastik sudah diatur dalam Perwali nomor 79 tahun 2019,” bebernya.

Aminah tak memungkiri masih banyak masyarakat yang kerap menggunakan tas plastik untuk menunjang aktivitas sehari-hari. ia berharap, kampanye peduli lingkungan di mal, efektif guna mengurangi penggunaan tas berbahan plastik.

“Kta berharap, baik perusahaan maupaun masyarakat secara umum, dapat mengurangi penggunaan kantong plasti dengan membawa atau menyediakan tas non plastik sendiri,” harapnya.

Salah satu konsumen mal yang mendapatkan souvernir dari istri Wali Kota Habib Hari Zainal Abidin itu, Dini Ismaini Maulidia menyebut, selama ini ia memang selalu membawa tas berbahan kain sendiri. Ia sadar tas plastik susah terurai jika sudah menjadi sampah.

“Alhamdulillah, dengan sering membawa tas sendiri berbahan kain, saya mendapat hadiah dari istri pak Wali Kota. Semoga warga lain juga mengurangi penggunaan sampah plastik,” ujarnya.

Baca Juga  Rawan Roboh, Pohon Sepanjang Jalur Pantura Dipangkas

Sementara itu, Manager Store Area mal yang di kunjungi Aminah Hadi, Sri lestari menjelaskan, pihaknya telah berupaya mengurangi penggunaan tas plastik di pusat perbelanjaan itu. Salah satu caranya, dengan menggunakab kardus jika ada konsumen yang membelia dalan skala besar.

“Sampai saat ini konsumen yang membawa tas sendiri dari rumah bisa dibilang masih sedikit. Saya harap kedepan konsumen lebih sadar dan bisa membawa tas sendiri dari rumah berbahan non plastik,” tandasnya.(*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Ada Dugaan Penambangan Ilegal, DLH Kab. Pasuruan Datangi Kawasan Pacuan Kuda Kejayan

Pasuruan,- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan bersama Satpol PP setempat melakukan pemeriksaan dugaan penambangan …