MEROKET: Pedagang sedang menimbang bawang merah di Pasar Bawang Dringu, Kab. Probolinggo. (foto: Hafiz Rozani).

Petani Gagal Panen, Permintaan Banyak, Harga Bawang Merah Naik

Probolinggo,- Cuaca hujan berakibat sebagian besar petani bawang merah di Probolinggo mengalami gagal panen. Di sisi lain, permintaan tinggi sehingga membuat harga bawang merah serta di Pasar Bawang, Kecamatan Dringu naik.

Kondisi ini juga dibarengi dengan stok bawang merah di pasar bawang yang juga sudah sangat terbatas.

Dari pantauan PANTURA7.com, harga bawang merah ukuran super Rp 45 ribu hingga Rp 50 ribu per kilogram. Bawang merah ukuran besar Rp 40 ribu hingga Rp 42 ribu per kilogram.

Kemudian untuk bawang merah ukuran sedang mencapai Rp 32 ribu hingga Rp 38 ribu, dan untuk ukuran kecil Rp 18 ribu hingga Rp 28 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang bawang merah di pasar bawang, Ainul Yakin mengatakan, harga bawang merah di Pasar Bawang ini karena banyak tanaman bawang merah milik petani yang rusak akibat cuaca. Cuaca hujan mengakibatkan sebagian petani gagal panen.

“Akibat stok bawang dari petani ini terbatas, harga bawang merah naik. Selain itu, banyak daerah lain yang juga mengambil bawang merah ke Pasar Bawang Dringu,” ujar Ainul, Kamis (25/4/24).

Ainul mengatakan, harga bawang merah saat ini sempat turun dibandingkan dua hari yang lalu mencapai Rp 60 ribu per kilogram. Namun harga ini masih terbilang tinggi.

“Meski stok terbatas, banyak pembeli dari daerah lain yang membeli di pasar bawang Probolinggo, karena kualitas rasanya bagus,” papar dia.

Sementara petugas Pasar Bawang Dringu, Imra’atul Hasanah menyebut, harga bawang merah saat ini sempat turun dibandingkan tiga hari lalu yang mencapai Rp 60 ribu per kilogram.

“Untuk stok saat ini mencapai 50 ton, namun menjelang sore stok tersebut akan berkurang. Bahkan, pada musim seperti saat ini yang banyak petani gagal panen, stok di pasar bawang pernah hanya tersedia 10 ton saja,” tuturnya. (*)

Baca Juga  Petani di Gending Disatroni Perampok Bersenjata, Rp67 Juta Amblas

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …