DIBINA: Pembekalan kesehatan calon jemaah haji Kota Probolinggo. (foto: Hafiz Rozani)

Jelang Keberangkatan, 205 CJH Kota Probolinggo Jalani Pembinaan Kesehatan

Probolinggo,- Sebanyak 205 calon jemaah haji (CJH) asal Kota Probolinggo, Sabtu pagi (20/4/24), mendapat pembinaan kesehatan dari Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo dan Kemenag Kota Probolinggo.

Kepala Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, dr Nurul Hanasah Hidayati mengatakan, pembinaan kesehatan ini agar calon jemaah haji ini menyiapkan khususnya kesehatan mereka selama menjalankan ibadah haji.

“Persiapan tersebut mulai dari apa yang harus mereka bawa, hingga apa yang harus calon jemaah haji ini lakukan terkait kesehatannya, sehingga calon jamaah haji ini tidak membawa banyak jenis obat,” ujar dr. Nurul.

Selain itu, ibadah haji ini merupakan ibadah fisik. Diingatkan suhu di tanah suci yang mencapai 43 hingga 50 derajat Celsius, sehingga fisik calon jamaah haji ini juga harus dipersiapkan.

Kemudian terlepas dari persiapan kesehatan dan obat-obatan, calon jemaah haji ini wajib divaksin meningitis dan vaksin polio.

Vaksin polio pada haji kali ini wajib karena Jawa Timur beberapa waktu yang lalu ditetapkan KLB, sehingga calon jamaah haji divaksin dua kali.

“Jika sebelumnya calon jamaah haji ini wajib vaksin Covid, kali ini karena Jawa Timur terjadi KLB maka ibadah haji kali ini wajib vaksin polio,” ujar dia.

Pj. Walikota Probolinggo, Nurkholis mengatakan, tahapan pembinaan kesehatan calon jamaah haji ini penting. Hal ini dapat mengedukasi cakin jamaah haji terkait kesehatan.

Terkait obat yang dibawa selama ibadah, jangan sampai karena takut, seluruh obat dibawa ke tanah suci.

“Harapannya, calon jamaah haji ini mulai berangkat, hingga pulang dalam keadaan sehat, dan menjadi haji mabrur,” papar Nurkholis. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Liburan, Ratusan Orang Kunjungi Museum Rasulullah

Baca Juga

Manfaat Mengkonsumsi Nasi Beku bagi Tubuh, Jaga Berat Badan dan Sembuhkan Diabetes

Probolinggo,- Mengkonsumsi nasi beku dalam beberapa waktu terakhir menjadi tren di kalangan masyarakat. Selain membuat …