Tangkapan layar video salah satu jembatan rusak akibat banjir lahar hujan di Lumajang. (kreator: Asmadi).

Pasca Banjir Lahar Hujan Semeru, 8 Jembatan Rusak, Warga Kembali Dievakuasi

Lumajang,- Sebanyak 32 Kepala Keluarga (KK) yang berada di Dusun Krajan, Desa Sumberurip, Kecamatan Prononjiwo dan Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, evakuasi ke tempat yang lebih aman, Jumat (19/4/24).

Hal itu dilakukan karena banjir lahar hujan menyebabkan debit air Daerah Aliran Sungai (DAS) Regoyo meluap hingga merendam permukiman warga.

“Luapan lahar hujan kerjadi setelah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi melanda wilayah Gunung Semeru sejak Kamis sore,” kata Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Patria Dwi Hastiadi.

Selain membuat warga mengungsi, terjangan lahar hujan juga menerjang 8 jembatan hingga rusak parah. Jembatan yang rusak jembatan penghubung Desa Gondoruso dan Desa Bades di Kecamatan Pasirian, Jembatan mujur II Kloposawit, Jembatan Sarikemuning, dan jembatan Gantung Kaliregoyo.

Kemudian Jembatan Durek Hamzah, Jembatan Kali Klompret, Jembatan Desa Jurang Mangu, serta Jembatan Limpas Kali Putih Desa Nguter. Selain itu, jalan raya Candipuro juga tergenang sehingga arus lalu lintas sempat ditutup.

“Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Lumajang dan tim gabungan langsung menuju lokasi guna melakukan assessment dan melakukan percepatan penanganan banjir. Selain itu, pelayanan kesehatan sudah dilakukan oleh Dinas Kesehatan,” katanya.

Saat ini, pihak BPBD Lumajang menurunkan satu unit perahu guna mempercepat proses evakuasi. Hingga kini, tim gabungan masih berada di lokasi untuk bersiaga.

Ia mengimbau kepada pemerintah desa di kawasan terdampak bencana untuk melakukan langkah-langkah penanganan dengan melihat potensi curah hujan secara berkala .

Disamping itu, pemerintah desa diminta memberikan informasi secara rutin bagi masyarakat yang berada di sekitar DAS Regoyo.

“Hal tersebut harus dilakukan guna meminimalisir dampak apabila terjadi banjir susulan dari lahar hujan Gunung Semeru,” pungkas Patria. (*)

Baca Juga  Rusak dan Kedaluwarsa, Barang Bantuan Erupsi Semeru Dimusnahkan 

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …