LUMPUH: Jalur pantura Gadingrejo, Kota Pasuruan, lumpuh akibat tergenang banjir luapan sungai Welang. (foto: Moh. Rois).

Banjir Rendam Pasuruan, Lumpuhkan Jalur Pantura

Pasuruan,- Hujan deras yang mengguyur wilayah Pasuruan sejak Senin (8/4/2024) malam kemarin, menyebabkan Sungai Welang meluap dan merendam sejumlah wilayah. Tak hanya pemukiman, banjir juga melumpuhkan jalur pantura arah Pasuruan – Probolinggo, Selasa (9/4/2024) pagi.

Menurut warga sekitar, Dimas, banjir mulai meluap sejak pagi hari. Ketinggian air saat pertama kali datang mencapai satu meter, atau setinggi dada orang dewasa.

“Ini banjir yang paling besar yang pernah terjadi di sini,” ujar Dimas.

Wakil Walikota Pasuruan, Adi Wibowo, menyebut, banjir ini terjadi di beberapa wilayah di Kota Pasuruan. Antara lain Kelurahan Randusari, Krapyak dan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo.

“Banjir ini memang cukup besar dan ditopang oleh kondisi laut yang sedang pasang,” jelas Adi.

Adi menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan upaya-upaya untuk mengatasi banjir ini, termasuk mengevakuasi warga yang terdampak, terutama para lansia dan anak-anak.

“Pemerintah Kota Pasuruan sudah menyiapkan tempat evakuasi di tempat yang aman dan juga menyiapkan bantuan logistik,” Adi menegaskan.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Pasuruan Kota, AKP Agus Prayitno, mengatakan banjir menyebabkan jalur pantura dari arah barat menuju timur dialihkan ke Simpang Tiga Pier Raci, Bangil.

“Untuk roda empat kami alihkan ke tol dan untuk roda dua kami alihkan ke selatan arah Purwosari,” ujar Agus.

Sedangkan untuk jalur dari arah timur ke barat, dialihkan ke simpang 4 Yon Zipur 10 ke selatan, kemudian tembus ke arah Purwosari dan selanjutnya ke arah Bangil.

“Ketinggian air di jalan raya ini sekitar 30 sentimeter, penutupan akan dilakukan sampai air surut,” Agus memungkasi. (*)

 

 

Editor: Mohammad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Hadang Truk di Jalur Pantura, 7 Anjal Diamankan

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …