CEK KESEHATAN: Petugas mengecek kesehatan kru bus di Terminal Bayuangga, Probolinggo. (foto: Hafiz Rozani)

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama Polres Probolinggo Kota melaksanakan cek kesehatan di Terminal Bayuangga.

Pemeriksaan kesehatan bagi sopir dan kru bus di Terminal Bayuangga Kota Probolinggo ini meliputi, tekanan darah, kadar gula, kolesterol, asam urat, tes kejiwaan, serta tes narkoba.

Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan oleh petugas karena saat ini, mulai memasuki arus mudik H-5 yang mana sejumlah kalangan masyarakat mulai mudik ke kampung halamanannya.

“Jadi pemeriksaan kesehatan serta pengobatan gratis ini dilakukan kepada kru bus dan pemumpang agar mudik yang menjadi momen sakral ini selama perjalanan sehat dan selamat,” ujar Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota, AKP Tommi Hermanto, Jumat (5/4/2024).

Dari hasil pemeriksaan sopir dan kru bus, ditemukan seorang kenek bus yang mengalami gangguan kejiwaan ( psikiatri).

Hal tersebut diketahui saat kenek yang diketahui bekerja sebagai freelance di salah satu perusahaan otobus (PO) itu menjalani tes Self Reporting Questionare-20.

Selain pemeriksaan kesehatan, petugas dari Satlantas Polres Probolinggo Kota, Jasa Raharja, dan Terminal Bayuangga juga memeriksa armada bus yang tiba di Terminal Bayuangga.

Dan hasilnya, bus yang masuk ke Terminal Bayuangga sudah dinyatakan layak untuk mengangkut penumpang pada mudik lebaran tahun 2024.

“Secara keseluruhan dan sebelumnya kami telah melakukan ramp check, armada bus yang masuk terminal sudah dinyatakan layak. Dan untuk mengingatkan sopir agar tidak ugal-ugalan kami memasang stiker imbauan pada bus,” kata AKP Tommi.

Sementara penumpang tujuan Jember, Farida mengaku, senang dengan adanya pemeriksaan kesehatan bagi kru bus. Hal ini agar sopir dapat membawa penumpang dengan selamat.

“Dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini saya sebagai penumpang jadi lebih tenang saat menaiki bus,” ujarnya. (*)

Baca Juga  Di Mayangan, Masker dan Hand Sanitizer Disebar Gratis

 

Penulis: Hafiz Rozani

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Manfaat Mengkonsumsi Nasi Beku bagi Tubuh, Jaga Berat Badan dan Sembuhkan Diabetes

Probolinggo,- Mengkonsumsi nasi beku dalam beberapa waktu terakhir menjadi tren di kalangan masyarakat. Selain membuat …