BERSERAKAN: Petugas kebersihan dari DLH Kab. Probolinggo sedang melakukan pengangkutan sampah di eks TPS Kraksaan Wetan. (foto: Ali Ya'lu).

Tumpukan Sampah di Eks TPS Kraksaan Wetan Membludak, Ternyata ini Penyebabnya 

Probolinggo,- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo masih kesulitan mencari lokasi pengganti eks Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kraksaan Wetan. Sehingga, di lokasi eks TPS tersebut masih kerap ditemukan tumpukan sampah.

Kepala DLH Kabupaten Probolinggo, Dewi Korina mengatakan, kondisi di eks TPS tersebut biasanya lebih parah pada hari Senin. Tumpukan sampah biasanya semakin banyak lantaran Sabtu – Minggu biasanya libur, tidak ada pengangkutan.

DLH pun telah beberapa kali melakukan pembahasan bersama sejumlah pihak mengenai lokasi pengganti eks TPS Kraksaan Wetan.

“Sudah kami bahas bersama kecamatan, dan kelurahan-kelurahan. Sejauh ini, belum menemukan titik untuk lokasi penggantinya,” kata Dewi, Rabu (13/3/24).

Dengan kondisi ini, pihaknya harus tetap melakukan pengangkutan sampah di lokasi eks TPS tersebut agar tidak ada gunungan sampah.

Padahal, pihaknya sudah resmi menutup TPS yang berada di dekat Taman Makam Pahlawan (TMP) Kraksaan tersebut.

“Kadang bisa sampai empat truk pengangkut yang kami turunkan. Padahal tidak ada yang bayar retribusi,” ucapnya.

Dewi menjelaskan, eks TPS Kraksaan Wetan ini ditutup lantaran lokasinya akan dibangun kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo yang baru.

Penutupan itu berbarengan dengan rencana pembongkaran yang akan dilakukan pada tahun ini.

“Saat ini masih proses appraisal nilai bongkaran dan pengajuan penghapusan aset ke BPPKAD. Jika sudah selesai, maka baru proses pembongkaran dilakukan,” ujar Dewi. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Harga Cabai Rawit Sentuh Rp 110 Ribu/Kg, DKUPP; Bukan yang Termahal

Baca Juga

Bakal jadi Kantor Baru KPU, Eks-TPS Kraksaan Wetan Segera Dibongkar

Probolinggo,- Tumpukan sampah di lokasi eks-Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, …