TERENDAM: Genangan banjir merendam pemukiman warga di 2 kecamatan di Kabupaten Pasuruan. (foto: Moh. Rois).

Hujan Deras, Banjir Rendam 2 Kecamatan di Pasuruan

Pasuruan,- Hujan deras melanda wilayah Kabupaten Pasuruan, Minggu (25/2/2024) sore. Hujan ini mengakibatkan sejumlah wilayah di daerah tersebut terendam banjir.

Berdasarkan pantauan PANTURA7com, banjir di Desa Winongan Kidul, Kecamatan Winongan, tinggi air mencapai 30 hingga 50 centimeter. Air juga menggenangi jalan raya sehingga mengganggu aktivitas warga.

Warga sekitar, Muhammad Eko Tohir Sugiarto, (29) mengungkapkan, banjir masuk ke pemukiman sekitar pukul 15.00 WIB. Air dengan cepat menyebar dan langsung membesar.

“Tadi hujan deras berjam-jam sehingga air sungai meluber ke permukiman warga. Ditambah lagi air dari dataran tinggi yang membuat air semakin membesar,” kata Eko.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariyadi menyebut, banjir pertama kali terjadi di wilayah Desa Sruwi, Kecamatan Winongan.

Kemudian, musibah itu menyebar ke Desa Prodo, Winongan Kidul, Winongan Lor, dan Desa Bandaran. Banjir juga melanda wilayah Desa Kebrukan dan Desa Kedawung Kulon, Kecamatan Grati.

“Di Desa Sruwi hanya sebentar. Sekarang yang terdampak banjir adalah empat desa di Winongan. Sedangkan di Grati, hanya Dusun Kebrukan di Desa Kedawung Kulon. Wilayah ini memang sering kali menjadi langganan banjir,” jelasnya.

Tim BPBD Kabupaten Pasuruan telah dikerahkan ke lokasi untuk memberikan bantuan kepada warga terdampak. Diperkirakan, banjir akan surut dalam 4 jam kedepan jika hujan tidak kembali turun.

“Kami sudah menerjunkan tim BPBD ke lokasi kejadian untuk membantu warga,” pungkas Sugeng. (*)

 

 

Editor: Mohammad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Gagal Nyalip, Pelajar di Kotaanyar Tertabrak Dump Truk

Baca Juga

Olah TKP Laka, Polisi Sebut Moge yang Dikendarai Korban Bodong

Probolinggo,- Kecelakan maut yang melibatkan tiga kendaraan dan mengakibatkan pasutri pengendara moge tewas, di jalur …