SENGIT: Caleg Dapil 3 Jatim yang perolehan suaranya tipis. Searah jarum jam: Noer Syamsi Zakaria, Moh. Mahrus, Hasan Irsyad, M. Syaifullah. (Grafis: Ifen MH).

Duel Sengit di Dapil 3 Jatim, Zakaria Ungguli Mahrus, Syaifullah Lewati Hasan Irsyad

Probolinggo,- Persaingan memperebutkan calon legislatif (caleg) di Daerah Pemilihan (Dapil) Jatim 3 Pasuruan – Probolinggo, bak MotoGP, seru dan menegangkan. Setidaknya, ada 4 caleg yang terlibat duel sengit dengan selisih suara tipis.

Wakil Sekretaris DPP Partai Gerindra, Noer Syamsi Zakaria yang maju di Dapil 3 dengan nomor urut 2, mendapat perlawanan ketat dari Bendahara DPC Partai Gerindra Kabupaten Probolinggo, Moh. Mahrus, caleg nomor urut 4.

Dalam proses penghitungan suara legislatif DPRD Provinsi Jawa Timur Dapil 3 Pasuruan – Probolinggo, petugas berhasil mencatat 7.915 suara dari total 9.128 Tempat Pemungutan Suara (TPS), atau setara dengan 86,71%, pada Rabu, 20 Februari 2024, pukul 09:00:00 WIB.

Noer Syamsi Zakaria meraup 39.173 suara, sedangkan Mahrus memperoleh 38.067 suara. Selisih suara dua politisi yang sama-sama berasal dari Kabupaten Probolinggo ini sejumlah 1.106 suara.

Sebelumnya, Selasa, 20 Februari 2024, pukul 21.00 WIB, Mahrus unggul 75 suara. Mahrus mendapatkan 39.732 suara dan Zakaria 39.657 suara. Dalam hitungan jam, perolehan suara Mahrus dilibas oleh Zakaria.

Tak hanya di Partai Gerindra, duel sengit di Dapil 3 Jatim juga tersaji di Partai Golkar. Politisi kawakan, Hasan Irsyad dengan nomor urut 2, kini tertinggal dari caleg pendatang baru, M. Syaifullah, yang nangkring dengan nomor urut 1.

M. Syaifullah yang merupakan Plt. Sekretaris DPD Partai Golkar Jatim, mengantongi 45.573 suara, sementara Hasan Irsyad menempel dengan 45.145 suara. Jarak antar kedua kader pohon beringin ini hanya terpaut 428 suara.

Hasil yang ditampilkan di situs KPU ini, merupakan hitungan langsung alias real count. Namun perolehan suara masih hitungan sementara dan bisa saja berubah saat rekapitulasi sudah rampung. (*)

 

Baca Juga  Pemilu 2024: KPU Kota Pasuruan Baru Distribusikan Logistik Hari ini

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Sengketa Pilpres Usai, KPU Kab. Probolinggo Tunggu Rilis Hasil Pileg

Probolinggo,- Adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa pemilihan presiden dan wakil presiden, membuat Perselisihan …