CEK KESIAPAN: Forkopimda Lumajang mengecek logistik Pemilu 2024 di gudang KPU Kabupaten Lumajang, beberapa waktu lalu. (foto: dok).

Pemilu 2024, KPU Lumajang Khawatir Intensitas Hujan Hambat Distribusi Surat Suara

Lumajang,- Ketua KPU Kabupaten Lumajang Yuyun Baharita mengatakan, lembaganya telah menyiapkan langkah antisipasi perubahan iklim pada Pemilu 2024 ini. Sebab musim hujan berpotensi menghambat proses pendistribusian logistik hingga pemungutan suara.

“Potensi-potensi risiko seperti longsor dan banjir yang umumnya terjadi pada musim penghujan, harus tetap diantisipasi,” kata Yuyun saat dikonfirmasi, Jumat (2/2/2024).

Yuyun menambahkan, identifikasi pola cuaca diperlukan agar Pemilu 2024 berjalan tanpa hambatan berarti. Apalagi menurutnya, bencana alam seperti tanah longsor dan banjir sering terjadi di wilayah Lumajang.

“Tentu dalam hal itu nanti kita akan bekerjasama dengan TNI-Polri agar semua tahapan dan pada saat pendistribusian berjalan lancar,” harap Yuyun.

Hingga saat ini, imbuh Yuyun, pihaknya belum menemui kendala yang signifikan. Target pengiriman logistik ke masing-masing TPS dijadwalkan dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2024.

“Hari ini kita masih fokus pada packing dan checking, yang paling penting adalah proses checking. Skenario kami adalah menyelesaikan semuanya hingga batas waktu 10 Februari. Untuk mencapai target tersebut, kami perlu bekerja secara ekstra dengan sistem kerja shift,” jelasnya.

Sementara, Kapolres Lumajang, AKBP Mohammad Zainur Rofik menyebut pihaknya menyiapkan personil sebanyak 168 orang untuk menjalankan tugas pengamanan selama pengiriman logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Lumajang.

“Untuk pengamanan sudah kami siapkan, tinggal menunggu informasi terkait pergeseran logistik dari KPU ke TPS. Kami juga tetap mengantisipasi kondisi cuaca yang dapat mempengaruhi jalannya distribusi logistik,” ungkap Kapolres. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Bukber dengan Ratusan Kades, Indah Amperawati Diminta Maju jadi Cabup Lumajang

Baca Juga

Gelar Rakercab, Gerindra Lumajang Sepakati Bunda Indah Maju Bacabup

Lumajang,- Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Dewan Pimpinan Cabang (PDC) Partai Gerindra Kabupaten Lumajang, sepakat mengusung …