Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, Agus Hariyanto Andinata. (foto: dok).

KPU Probolinggo Ancam Diskualifikasi Satu Partai dari Pemilu 2024

Probolinggo,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo telah menutup masa penyetoran Laporan Anggaran Dana Kampanye (LADK). Dari 18 partai politik (parpol) yang terdaftar, tak semuanya melaporkan LADK-nya.

Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, Agus Hariyanto Andinata mengatakan, sampai dengan penutupan masa penerimaan LADK, 7 Januari lalu, sebanyak 17 parpol yang melakukan pelaporan.

Sedangkan satu partai lainnya, tidak melakukan laporan. “Partai Garuda tidak melaporkan LADK-nya,” kata Agus, Rabu (17/1/2024).

Namun, dari 17 parpol tersebut, 16 parpol di antaranya memerlukan perbaikan. Dan sampai masa perbaikan kelar pada 12 Januari lalu, Partai Garuda tetap tidak melakukan pelaporan.

Partai tersebut pun berpotensi didiskualifikasi dari pemilu di Kabupaten Probolinggo. “Dalama masa perbaikan, 16 parpol itu sudah melakukan, tapi yang Garuda tetap,” ujar dia.

Agus menambahkan, tidak adanya LADK dari Partai Garuda telah dilaporkan ke KPU RI. Nantinya KPU RI yang akan menentukan nasib dari Partai Garuda.

“Didiskualifikasi atau tidak, itu wewenang KPU RI, yang jelas saat ini kami terus berupaya menghubungi pihak Partai Garuda untuk klarifikasi,” ujarnya.

Partai Garuda diketahui tidak memiliki banyak kader untuk dicalonkan pada Pemilu 2024 di Kabupaten Probolinggo. Tercatat, Partai Garuda hanya memiliki satu orang calon legislatif (caleg).

“Hanya satu calegnya, maju di Dapil (Daerah Pemilihan, red) V (Kecamatan Sukapura, Sumber, Kuripan, Bantaran, Wonomerto, red) orangnya warga Kota Surabaya,” papar Agus.

Di sisi lain, upaya konfirmasi untuk menghubungi Ketua DPC Partai Garuda Kabupaten Probolinggo sejauh ini masih belum membuahkan hasil. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Semakin Dekat, Logistik Pemilu di Kota Probolinggo Mulai Dicek

Baca Juga

Delapan Parpol Non Parlemen Merapat, Gus Haris: Mari Bersama-sama Membangun Kabupaten Probolinggo

Probolinggo,- Delapan partai politik (parpol) non parlemen membangun komunikasi politik dan menyatakan dukungannya kepada Bakal …