Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni saat mengikuti panen raya cabai rawit varietas 212 ori di Desa Bades, Jumat (12/1/24) (foto: Asmadi).

Miliki Varietas Ori 212, Desa Bades Jadi Sentra Pemasok Cabai di Lumajang

Lumajang,- Desa Bades di Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, menjadi sentra pemasok cabai di wilayah setempat. Hal ini tak lepas dari potensi desa tersebut yang memiliki sedikitnya 90 hektare tanaman cabai rawit.

Selain itu, di Desa Bades terdapat cabai rawit varietas ori 212, yang memiliki kualitas lebih baik dibandingkan cabai pada umumnya. Selain lebih pedas dengan tekstur kulit lebih tebal, cabai rawit varietas 212 lebih tahan hama.

Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni saat mengikuti panen raya cabai rawit varietas 212 ori di Desa Bades, Jumat (12/1/24) optimis, Desa Bades bisa menjadi pemasok utama kebutuhan cabai rawit di Kabupaten Lumajang.

Ia juga yakin dengan potensi yang dimiliki ini, mampu menjadi solusi untuk mengendalikan inflasi di daerah. “Kalau harga tinggi petani senang tapi inflasinya naik, ini yang harus kita seimbangkan,” katanya.

Dijelaskan Yuyun, sapaan akrab Indah Wahyuni, pentingnya ada keseimbangan antara kebahagiaan petani dan stabilitas ekonomi agar roda perekonomian daerah seimbang dan terkendali.

Sejauh ini, harga cabai rawit di kota pisangbmasih cukup terjangkau oleh masyarakat, meskipun terdapat peningkatan harga yang cukup signifikan.

“Selain ikut panen, kami juga berikan bantuan perangkap lingkat kuning kepada petani di kelompok tani Suka Tani untuk mengantisipasi hama serangga,” jelas Yuyun.

Kepala Desa (Kades) Bades, Sahid mengucap terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang atas perhatian terhadap para petani di Desa Bades.

Ia berharap agar pemerintah daerah dapat memfasilitasi petani dengan memberikan akses lebih baik terhadap pupuk dan obat-obatan pertanian.

“Harapan saya, program untuk kelompok tani bisa diberikan kemudahan, terutama dalam akses pupuk dan obat-obatan. Standar harga juga perlu diperhatikan oleh pemerintah,” sampainya. (*)

Baca Juga  Pemprov Jatim Izinkan Ponpes Kembali Gelar Pembelajaran

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Susul Bawang Merah, Harga Cabai Rawit dan Cabai Besar Juga Naik

Probolinggo,- Selain bawang merah yang harganya naik, dua komoditas dapur cabai rawit dan cabai besar …