Kantor DPRD Kota Probolinggo di Jalan Suroyo. (foto: dok)

Caleg Petahana Boleh Kampanye Asal Tak Gunakan Fasilitas Negara

Probolinggo,- Masa kampanye Pemilu 2024 sudah dimulai sejak 28 November 2023 lalu. Namun diketahui bahwa masih banyak anggota DPRD Kota Probolinggo yang belum mengajukan cuti untuk berkampanye. Memang anggota DPRD boleh berkampanye asalkan tidak menggunakan fasilitas negara.

Ketua Bawaslu Kota Probolinggo, Johan Dwi Angga mengatakan, sesuai Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023, tidak ada larangan DPRD aktif untuk mengajukan cuti guna berkampanye.

“Bawaslu Kota Probolinggo akan tetap melakukan pemantauan terkait dengan anggota DPRD Kota Probolinggo yang berkampanye tanpa mengajukan cuti,” ujarnya.

Namun anggota DPRD yang berkampanye dilarang menggunakan fasilitas negara seperti, mobil dinas. Apalagi menggunakan kewenangan, program, serta kegiatan yang ada kaitannya dengan jabatannya di DPRD.

“Selain memantau kampanye anggota DPRD, kami juga memantau apakah mereka menggunakan fasilitas negara atau tidak. Namun intinya boleh tidak cuti, namun dilarang menggunakan fasilitas negara,” kata Johan.

Sementara, Ketua Komisi III DPRD Kota Probolinggo, Agus Riyanto mengatakan, ia dan 90 persen anggota DPRD yang kembali mencalonkan diri pada Pemilu 2024 tidak mengajukan cuti.

Apalagi di masa sidang ke dua tahun 2024 ini terdapat agenda yang tidak dapat ditinggalkan.

“Tidak ada yang perlu dipermasalahkan mengenai aturan kampanye bagi anggota DPRD yang aktif. Selain itu saya tiap hari berkampanye sejak awal masa kampanye hingga saat ini,” ujarnya. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Beda, DPT Probolinggo Lebih Banyak daripada DPS

Baca Juga

Setelah Ramdanu dan Mas Dion, Giliran Gus Mujib Daftar Bacabup ke PKB

Pasuruan,- Mantan Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron atau Gus Mujib, mendaftarkan diri sebagai …