RINGSEK: Salah satu Dump Truk ringsek pasca terlibat kecelakaan di lereng Semeru Lumajang. (foto: Asmadi)

Ngeri! 139 Nyawa di Lumajang Melayang Akibat Kecelakaan Lalulintas

Lumajang,- Sepanjang tahun 2023, terjadi 682 kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polres Lumajang. Ratusan peristiwa itu menyebabkan nyawa 139 jiwa pengguna jalan meninggal.

“Artinya, kalau kita buat rata-rata selama setahun, maka per bulannya masyarakat Lumajang ada 11 orang yang meninggal dunia karena kecekakaan,” kata Kapolres Lumajang AKBP Muhamad Zainuri Rofik, Jumat (29/12/2023).

Data ini, menurut Kapolres, harus mendapatkan perhatian khusus. Sebab tren kasus kecelakaan di kota pisang cenderung meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 604 kejadian dengan jumlah korban meninggal sebanyak 142 orang.

Rofik mengajak masyarakat, khususnya para pengguna jalan untuk lebih meningkatkan kesadaran dalam mengendarai roda dua maupun empat.

“Karena tahun ini saja, dari sekian kejadian, 139 orang meninggal dunia. Belum lagi yang mengalami luka berat sebanyak 18 orang, dan luka ringan 771 orang,” papar dia.

Sementara dalam kasus pelanggaran lalulintas selama satu tahun, pihaknya mencatat ada 4.403 pelanggaran. Dari jumlah tersebut, aparat terpaksa memberikan sanksi berupa tilang dan teguran kepada 4.032 pelanggar.

“Ini yang sudah kami lakukan, dan sudah sampai ke pengadilan. Sedangkan yang masih proses ada 371 pelanggaran,” Rofik memungkasi. (*)

 

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Lindungi Kepemilikan Tanah Warganya, Pemkab Lumajang Serahkan Ratusan Sertifikat

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …