SOSIALISASI: Anggota KPU Kab. Probolinggo, Aliwafa, saat sosialisasikan rekrutmen KPPS untuk Pemilu 2024. (foto: Ali Yak'lu).

Yukh Daftar! KPU Kabupaten Probolinggo Butuh 23.625 KPPS

Probolinggo,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo kembali membuka lowongan untuk mengisi jabatan badan adhoc-nya. Kali ini, dibutuhkan puluhan ribu pelamar untuk mengisi posisi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, Aliwafa mengatakan, pihaknya saat ini membutuhkan 23.625 orang untuk mengisi kuota KPPS. Ribuan petugas KPPS ini nantinya akan disebar di 3.375 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Masing-masing TPS itu nanti ada tujuh petugas KPPS,” kata Aliwafa, Minggu (10/12/23).

Pembukaan pendaftaran KPPS ini, akan dimulai pada 11-20 Desember. Pendaftar bisa langsung menuju ke kantor Panitia Pemungutan Suara (PPS) desa setempat.

“Salah satu syaratnya dalah warga desanya sendiri, tidak boleh melamar KPPS di luar desa,” ujar dia.

Selain itu, dalam persyaratan KPPS kali ini, pelamar akan diterima jika usianya sudah mencapai 17 tahun dan maksimal 55 tahun.

Hal ini untuk mengantisipasi adanya kematian petugas KPPS lantaran lanjut usia seperti yang terjadi pada 2019 lalu.

“Pada 2019 lalu, secara nasional banyak petugas yang meninggal. Di Probolinggo sendiri ada dua orang, yang di Kuripan meninggal saat bertugas, yang di Maron dua hari setelahnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam persyarakat pendaftaran ini, para pelamar juga diharuskan menyertakan surat kesehatan yang meliputi gula darah, kolesterol, dan tekanan darah tinggi.

“Dari hasil penelitian, yang meninggal itu kebanyakan memang memiliki penyakit bawaan,” ujarnya.

Ia berharap, masyarakat yang ingin mendaftar untuk segera melengkapi berkas persyaratannya. Pasalnya, dalam rekrutmen KPPS ini, tidak akan ada perpanjangan waktu pendaftaran.

“Semisal pendaftar di satu TPS itu kurang, maka nanti akan diambilkan dari pendaftar di KPPS lainnya, tapi masih di satu desa yamg sama. Jadi tidak ada perpanjangan pendaftaran,” ungkapnya. (*)

Baca Juga  Gegara Jalan Rusak, Truk Muat Gabah Guling di Wangkal

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Antisipasi Kerawanan Jelang Pilkada, Anggota Linmas Jalani Pelatihan

Probolinggo,- Puluhan petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kelurahan Wonoasih, Kota Probolinggo, Rabu (24/4/24) mendapat pelatihan dari …