ERUPSI: Gunung Semeru di Lumajang alami erupsi dengan tinggi kolom letusan 1.000 meter diatas puncak. (foto: Asmadi)

Gunung Semeru Erupsi, Kolom Letusan Capai Seribu Meter

Lumajang,- Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang alami erupsi dengan tinggi kolom letusan 1.000 meter diatas puncak, Sabtu (18/11/2023). Gunung api tertinggi di Pulau Jawa itu erupsi sejak pukul 06.22 WIB.

Berdasarkan laporan dari Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Semeru di Gunung Sawur, kolom abu teramati berwarna putih kelabu, dengan intensitas tebal ke arah utara/barat daya dan barat laut.

“Erupsi Gunung Semeru terjadi pada pukul 06.22 WIB. Tinggi kolom letusan teramati setinggi 1.000 meter di atas puncak,” tulis petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, Mukdas Sofian dalam laporannya.

Erupsi Gunung Semeru tersebut sempat terekam CCTV milik petugas PPGA serta alat seismograf dengan amplitude maksimum 22 mm dan durasi 109 detik.

Meski erupsi dengan tinggi kolom letusan mencapai seribu meter, namun Sofian menegaskan bahwa status Gunung Semeru masih dalam status siaga (level tiga).

Ia mengimbau agar masyarakat lereng Semeru untuk tidak beraktivitas di sektor tenggara di kawasan Besuk Kobokan, sejauh 13 kilometer.

Selain itu, masyarakat diminta agar mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava dan lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu dari Gunung Semeru.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak beraktivitas di sektor tenggara di kawasan Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer,” tandasnya. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publiaher: Moch. Rochim

Baca Juga  Asyik! Bakal ada Taman Satwa di Buper Glagah Arum Lumajang

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …