PAW DPRD Kabupaten Probolinggo, Mahrus Bakal Gantikan Mukhali

PAW DPRD Kabupaten Probolinggo, Mahrus Bakal Gantikan Mukhali

Probolinggo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo telah menyelesaikan pleno atas Pergantian Antar Waktu (PAW) Mukhali, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Probolinggo dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP).

Komisioner KPU setempat, Agus Hariyanto Andinata mengatakan, hasil dari pleno PAW Mukhali sudah ia serahkan kepada DPRD setempat. Mukhali di-PAW lantaran yang bersangkutan pindah ke Partai Demokrat untuk kontestasi Pemilu 2024 mendatang.

“Untuk penggantinya sudah kami plenokan, hasilnya sudha kami serahkan,” katanya, Rabu (18/10/2023).

Ia menjelaskan, dari pleno tersebut, pengganti Mukhali adalah Mahrus. Secara administrasi dan perolehan suara, Mahrus memang layak menggantikan Mukhali.

Sebab, Mahrus pada Pemilu 2019 lalu merupakan pemilik suara terbanyak kedua dari PPP di Dapil VII yang meliputi Kecamatan Tongas, Sumberasih, dan Lumbang.

“Penggantinya atas nama Mahrus, yang memperoleh 268 suara, sedangkan Mukhali 5.360 suara,” ujarnya.

Setelah ini, kelanjutan proses PAW akan diteruskan oleh pihak DPRD. Untuk dilakukan pelantikan, pihak dewan harus mengirimkan surat PAW kepada Gubernur Jawa Timur.

“Di kami sudah selesai, selanjutnya bola ada di DPRD untuk berkirim surat kepada gubernur,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPC PPP Kabupaten Probolinggo, Mahdi mengatakan, Mukhali sudah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai kader PPP. Sehingga, saat ini Mukhali sudah bukan lagi kader PPP.

“Kalau sudah pindah partai, otomatis secara keanggotaan sudah gugur, jadi bukan lagi kader kami,” ucapnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Mukhalli pindah ke Partai Demokrat untuk kontestasi Pemilu 2024 mendatang. Ia pindah pada saat tahapan pemilu memasuki masa pengajuan perubahan rancangan Daftar Calon Tetap (DCT). (*)

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  MK Bolehkan Kampanye di Sekolah, KPU Lumajang Tunggu Arahan Pusat

Baca Juga

Heboh! Baliho Ketua Gerindra Lumajang Bersanding dengan Ganjar Pranowo Bertebaran

Lumajang,- Baliho Bakal Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo yang bersanding dengan Indah Amperawati bertebaran di …