KREATIF: Seorang pelajar SMK Negeri 1 Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, menunjukkan sabun transparan berbahan minyak jelantah. (foto: Moh. Rois)

Kreatif! Pelajar SMK di Pasuruan Ubah Minyak Jelantah jadi Sabun Transparan

Pasuruan,- Para pelajar SMK Negeri 1 Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, berhasil menciptakan inovasi menarik dengan menjadikan minyak jelantah bekas sebagai bahan dasar pembuatan sabun transparan.

Inovasi ini muncul sebagai respons atas banyaknya masyarakat yang membuang minyak goreng bekas secara sembarangan. Padahal, minyak jelantah sejatinya bisa didaur ulang menjadi komoditas berharga mahal.

Minyak jelantah yang sebelumnya dianggap tidak berguna kini ditangan para pelajar ini, menjadi bahan utama dalam pembuatan sabun cuci tangan.

Pelajar SMK Negeri 1 Sukorejo, Wiyanda Pasha Azzahra menyatakan bahwa pembuatan minyak jelantah sangat mudah. Apalagi bahan baku minyak jelantah juga mudah didapatkan.

“Minyak jelantah jelantah ini kami minta pada warga disekitar sekolah,” kata Zahra saat dikonfirmasi, Minggu (15/10/23).

Proses pembuatan sabun dari minyak jelantah ini melibatkan beberapa bahan, termasuk soda api, alkohol, gula, arang, dan ekstrak daun lidah buaya. Bahan-bahan lalu diolah menggunakan peralatan yang telah disiapkan.

“Proses ini memerlukan waktu sekitar 30 hingga 45 menit,” jelas Zahra.

Guru pembimbing praktik kimia industri SMK Negeri 1 Sukorejo, Hanik Mualifah menyebut, selain mengurangi limbah minyak goreng, pembuatan sabun dari minyak jelantah juga merupakan metode pembelajaran praktik yang mendorong siswa untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif.

“Beberapa tahun lalu, pembuatan sabun dari minyak ini diujikan dalam kompetisi LKS hingga tingkat prolovinsi,” jelas Hanik.

Hasil produksi sabun cuci tangan padat dan transparan dari pelajar SMK kelas 12 ini sudah digunakan di lingkungan sekolah dan dapat digunakan sehari-hari oleh para pelajar untuk mencuci tangan.

“Sementara kita manfaatkan untuk kalangan internal dulu, mudah-mudahan kedepan pemanfaatannya bisa lebih luas,” harap Hanik. (*)

 

 

Editor: MohamadS

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga  Ada Khitanan Massal, Dua Remaja Ini Justru Bikin heboh

Baca Juga

Kelayapan di Warkop, 27 Pelajar di Kota Pasuruan Digulung Satpol PP

Pasuruan,- Puluhan pelajar terjaring razia Satuan Polisi (Satpol PP) Kota Pasuruan, Senin (29/1/2024) pagi. Para …