VAKSINASI: Petugas DKPP Kab. Lumajang saat melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan warga. (foto: Asmadi)

Cegah Rabies, Pemkab Lumajang Vaksinasi Hewan Ternak

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang melalui Dinas Ketahanan Pertanian dan Pertanian (DKPP) menggelar vaksinasi hewan ternak secara gratis. Vaksinasi massal ini dilakukan guna mencegah penyebaran rabies pada hewan piaraan.

Kepala Dinas DKPP Lumajang Hairil Diani mengatakan, selain mencegah penularan, vaksinasi hewan piaraan dilakukan agar hewan yang dipelihara masyarakat di kota pisang tetap sehat.

Jika hewan piaraan sehat, dijelaskan Hairil, maka penularan rabies terhadap manusia pun juga bisa hindari.

“Hari ini melakukan pengobatan atau vaksinasi terhadap hewan peliharaan yang berpotensi menularkan rabies, kami berharap kegiatan ini bisa memberikan perlindungan kepada masyarakat agar terhindar dari virus rabies,” kata Hairil, Selasa (10/10/2023).

Sejatinya, sambung Hairil, wilayah Kabupaten Lumajang belum teridentifikasi adanya kasus rabies. Namun pencegahan dan antisipasi harus tetap dilakukan oleh pemerintah daerah.

Ia bersyukur, dalam vaksinasi ini antusiasme masyarakat yang memiliki hewan peliharaan cukup tinggi. Dengan kondisi itu, ia berharap target agar Kabupaten Lumajang zero rabies tetap terjaga.

“Apresiasi kami kepada masyarakat Lumajang yang sudah berpartisipasi dalam vaksinasi rabies bagi hewan peliharaannya,” paparnya m

Hairil meminta agar masyarakat mendukung segala upaya dari pemerintah daerah dalam mempertahankan tidak adanya kasus rabies di Kabupaten Lumajang.

“Jawa Timur sampai hari ini zero kasus rabies, kita harus pertahankan kondisi itu. Kami harapkan peran serta masyarakat untuk mendukung upaya kita menahan agar tidak terjadi wabah rabies di Kabupaten Lumajang,” pungkasnya. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Pelindo III Siapkan 50 Ribu Rapid Test untuk Warga Jatim

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …