Foto: Kantor Bupati Probolinggo di Jl. Panglima Sudirman, Kota Kraksaan, Probolinggo. (foto: Ali Ya'lu).

Pj. Bupati Probolinggo Diputuskan Besok, Siapa Kira-kira?

Probolinggo,- Masa tugas Bupati Probolinggo, HA. Timbul Prihanjoko, akan selesai pada 23 Septermber 2023. Setelah itu, jabatannya berpotensi diisi oleh Pelaksana Harian (Plh).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto mengatakan, potensi posisi bupati akan dijabat Plh tidak terlepas dari adanya salah satu jabatan bupati di Jawa Timur yang purna tugasnya pada 24 September, atau sehari lebih lama dari daerah lainnya.

Dari 13 jabatan Bupati/Wali Kota se-Jawa Timur yang akan diisi Penjabat (Pj) pada September ini, terdapat Kabupaten Tulungagung yang Bupatinya baru purna tugas pada 24 September 2023.

“Tulungagung masih 25 September, sehingga Kabupaten Probolinggo dan daerah lainnya dibarengkan dengan Tulungagung untuk pelantikan Pj-nya. Jadi ada jeda sehari, dan dijabat oleh Plh,” kata Ugas, Minggu (17/9/23).

Ugas menambahkan, terkait pejabat yang akan mengisi posisi Pj Bupati Probolinggo nantinya, dalam waktu dekat sudah dapat diketahui.

Pj Bupati ini nantinya akan memimpin Probolinggo hingga bupati terpilih melalui Pemilukada pada November 2024, resmi dilantik.

“Senin (17/9/2023) besok (Pj Bupati, red) sudah diputuskan oleh pemerintah pusat,” ujarnya.

Sekedar informasi, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, beberapa waktu lalu telah mengajukan tiga nama ke Kemendagri untuk mengisi jabatan Pj Bupati Probolinggo.

Ketiganya adalah M. Hadi Wawan Guntoro selaku Kasatpol PP Pemprov Jatim, Benny Sampirwanto selaku Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Pemprov Jatim, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga  Diduga Sakit, Sukarelawan Penjaga Lintasan KA di Leces Meninggal

Baca Juga

Angka Pengangguran di Kota Probolinggo Tahun 2024 Turun, Segini Jumlahnya

Probolinggo,- Angka pengangguran di Kota Probolinggo pada tahun 2024 turun dibandingkan dengan tahun 2023, yang …