TERBAKAR: Serbuk kayu ludes akibat kebakaran yang terjadi di pabrik pengolahan kayu di Gempol, Pasuruan. (foto: Moh. Rois)

Pabrik Serbuk Kayu di Gempol Terbakar, Kerugian Ratusan Juta

Pasuruan,- Pabrik pengolahan serbuk kayu yang terletak di Desa Legok, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan terbakar, Sabtu (16/9/2023) siang. Musibah ini diduga akibat konsleting arus pendek listrik.

Menurut salah satu buruh pabrik, Bahrul, kebakaran terjadi sekitar pukul 11.39 WIB. Percikan si jago merah pertama kali muncul dari mesin bagian belakang.

Angin yang kencang dan banyak bahan yang mudah terbakar di area pabrik, membuat api terus membesar dan meluas.

“Diduga kebakaran ini disebabkan karena konsleting arus pendek listrik,” kata Bahrul.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Meski demikian, musibah itu membuat warga di sekitar pabrik panik dan segera melaporkan kejadian ini kepada pihak terkait.

Sebab gudang pabrik berdekatan dengan permukiman warga. “Warga panik, kami langsung melaporkan ke Muspika agar segera ditindaklanjuti,” kata Kades Legok, A Salam.

Tujuh unit mobil PMK dari Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Pasuruan diterjunkan ke lokasi. Namun api baru bisa dipadamkan setelah 3 jam kemudian.

“Kerugian diperkirakan ratusan juta. Sementara kepolisian hingga saat ini masih melakukan penyelidikan guna mengetahui pasti penyebab kebakaran,” ungkap Kades. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Olah TKP Laka, Polda Jatim Sebut Sopir Minibus Lalai

Baca Juga

Jembatan Hancur Diterjang Banjir Lahar Hujan, Warga Lumajang Bangun Jembatan Bambu

Lumajang,- Warga Dusun Tengir, Desa/Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, membangun jembatan alternatif dari bambu untuk memulihkan …