GABUNGAN: Petugas gabungan bubar usai kebakaran di Bukit Keciri berhasil dipadamkan. (foto: Moh. Rois)

Kebakaran Bukit Keciri Pasuruan Berhasil Dipadamkan, Libatkan Relawan dari 20 Desa

Pasuruan,- Kebakaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Bromo yang meluas ke wilayah Kabupaten Pasuruan, tepatnya di Bukit Keciri berhasil dipadamkan, Selasa (12/9/23) sore.

“Alhamdulillah, kebakaran di wilayah Kecamatan Tosari maupun Kecamatan Tutur sudah semua berhasil dipadamkan,” kata Kalaksa BPBD Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariadi.

Pemadaman ini dilakukan secarah manual, sebanyak 140 orang dari 20 desa dikerahkan. Angin yang kencang sempat menjadi kendala dalam proses pemadaman.

“Tadi water bombing sempat mau diterjunkan karena terkendala cuaca sehingga informasi dari Kaliandra akhirnya turun lagi,” ujarnya.

Sugeng berharap, kebakaran hutan di wilayah Pasuruan baik itu di wilayah TNBS maupun Arjuno segera teratasi dan tidak terus meluas.

“Saya juga berharap agar masyarakat, pendaki maupun wisatawan harus berhati-hati dalam menggunakan api karena saat ini puncak kemarau,” harap dia.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran di kawasan Bromo meluas hingga ke Bukit Keciri, Desa Ngadirejo, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Senin (11/9/2023) siang kemarin.

Sumber api diketahui merupakan rembetan dari bukit Teletubbies, yang kemudian menyebar ke wilayah Jemplang Malang dan Pasuruan. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Pergi Tanpa Pamit, Lansia Ditemukan Membusuk di Purwodadi

Baca Juga

Murni Kelalaian Pengendara, Penyelidikan Laka Moge Dihentikan

Probolinggo,- Polres Probolinggo Kota menghentikan penyelidikan kasus kecelakaan motor gede (moge) yang mengakibatkan dua orang …