Kantor UPTD PPA Dinsos Kota Probolinggo

Enam Bulan, UPTD PPA Dinsos Tangani Tujuh Kasus Kekerasan Seksual

Probolinggo – Sejak awal tahun 2023, Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Dinas Sosial (Dinsos) Kota Probolinggo telah menangani sebanyak tujuh kasus kekerasan seksual. Sedangkan selama setahun pada 2022 lalu, UPTD PPA ini menangani sebanyak 15 kasus kekerasan seksual.

Anggota UPTD PPA, Arik Saiful Anwar mengatakan, dari total kasus yang ditangani lembaganya, biasanya didominasi dengan tindak pencabulan. Aksi-aksi yang dilakukan oleh para pelaku ini didasari dengan nafsu.

“Hingga pertengahan tahun 2023 (Januari-Juni), kami mencatat ada tujuh kasus, dengan paling banyak pencabulan,” ujarnya, Senin (31/8/2023).

Selain menangani kasus kekerasan seksual, UPTD PPA juga bertugas mendampingi korban. UPTD PPA juga bekerja sama dengan psikolog forensik untuk menangani trauma mental yang didapat korban.

Penanganan trauma setiap korban ini berbeda-beda, ada yang sekali sampai tiga kali penanganan, bahkan ada yang lebih dari tiga kali tergantung kondisi si korban.

UPTD PPA juga kerap ikut hadir dan mendampingi korban kekerasan seksual ini saat kasusnya disidangkan di pengadilan, baik di Kota Probolinggo maupun di luar kota.

“Selain itu, untuk mengurangi angka kekerasan seksual di Kota Probolinggo, kami kerap melakukan sosialisasi ke sekolah- sekolah, maupun melalui radio,” imbuhnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Polisi Olah TKP Penganiayaan Aldi dan Nuril, Ini Temuannya

Baca Juga

Jauh-jauh dari Blora, Pria ini Curi Motor di Probolinggo

Probolinggo,- RB (30) warga Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jateng harus berurusan dengan kepolisian karena disangka …