KREATIF: Pelatihan Ecoprint bagi siswa SD menjadi salah satu program mahasiswa UPM yang KKN di Kademangan. (foto: Hafiz Rozani)

KKN di Kademangan, Mahasiswa UPM Inisiasi Pelatihan Ecoprint hingga Donor Darah

Probolinggo,- Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan mahasiswa Universitas Panca Marga (UPM) Probolinggo di Kelurahan / Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, tak sekedar untuk memenuhi kewajiban akademis.

Dalam KKN yang berlangsung sejak tanggal 29 Juli hingga 29 Agustus 2023 itu, ragam kegiatan yang berorientasi pada pemberdayaan bagi masyarakat sekitar digelar. Seperti yang terlihat Sabtu (26/08/23) pagi.

Sejumlah kegiatan yang dilakukan meliputi senam pagi, pelatihan Ecoprint kepada siswa kelas 3 SDN Kademangan 1, panggung ekspresi, bazar produk UMKM hingga donor darah gratis.

Koordinator Desa (Kordes) KKN Mahasiswa UPM di Kelurahan Kademangan, M. Aldi Hidayatullah mengatakan, acara hari ini merupakan kegiatan puncak dari seluruh rangkaian acara.

Sebelum acara puncak digelar, berbagai program edukatif bagi masyarakat sekitar telah dilakukan. Seperti pelatihan pembuatan pupuk cair, sosialisasi kepada kelompok disabilitas, serta ngaji literasi di pondok pesantren.

“Jadi tiap program yang kami laksanakan ini terjadwal dimana masing-masing kelompok lamanya melaksanakan program ini dua hari, dengan diawali sosialisasi dilanjutkan dengan praktik,” ujar Aldi.

“Pelaksanaan KKN dimulai 29 Juli hingga 29 Agustus 2023, per kelompok berisi 23 orang,” imbuh remaja asal Kabupaten Malang ini.

Lurah Kademangan, Bagus Prasetyo mengatakan, pelatihan membatik ecoprint kepada siswa SDN Kademangan 1, memang sangat diharapkan agar seni membatik bisa diketahui sejak dini.

“Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para UMKM. Tentu yang terpenting kepada mahasiswa yang melaksanakan KKN, kegiatan ini menjadi pembelajaran agar dapat berinteraksi serta bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Dinas Pendidikan Jatim Tetapkan SMA Unggulan Haf-Sa Genggong Jadi Sekolah Berbasis Riset

Baca Juga

Exfesh 2024 di Genggong Tuntas, ini Dia Para Jawaranya

Probolinggo,- Kompetisi antar pelajar Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa (Exfesh) di lingkungan Pesantren Zainul …