LUDES: Petugas Damkar Kabupaten Probolinggo melakukan pembasahan di dapur dan gudang yang terbakar. (foto: Hafiz Rozani)

Pemilik Lupa Matikan Kompor, Rumah di Gending Ludes Terbakar

Probolinggo,- Rumah di Dusun Krajan, Desa Sebaung, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Sabtu pagi (19/8/23) terbakar. Kebakaran yang menghanguskan dapur dan gudang ini akibat pemilik lupa mematikan kompor saat merebus air.

Informasi yang dihimpun, kebakaran ini terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Tiba-tiba api muncul dari dapur rumah bagian belakang yang dihuni pasutri Maksum dengan Suciati (67).

Warga yang melihat api kemudian menghubungi petugas pemadam kebakaran sembari memadamkan api dengan alat seadanya.

“Jadi saat kebakaran terjadi, ibu saya sedang melayani pembeli yang kebetulan membuka toko. Sementara bapak saya sedang ke sawah, dan tiba-tiba api muncul dari dapur yang ternyata sebelum melayani pembeli, ibu sedang memasak air,” ujar anak pertama Suciati, Ike Susiati.

Api yang cepat membesar kemudian merembet dan membakar gudang yang penuh dengan barang bekas dan mudah terbakar. Tak lama kemudian petugas damkar Pemkab Probolinggo tiba di lokasi.

Tak sampai dua jam, api yang membakar dapur dan gudang berhasil di padamkan. Meski sudah padam, petugas tetap melakukan penyemprotan untuk mengantisipasi api muncul kembali.

“Selain dapur dan gudang, api juga sempat mengenai ruang tengah. Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir mencapai Rp50 juta,” imbuh Ike.

Sementara, petugas Damkar Pemkab Probolinggo, Beny Endro mengatakan, begitu mendapat laporan langsung bergerak. Tiba di lokasi, api sudah membesar yang langsung dipadamkan oleh petugas.

Tidak sampai dua jam api berhasil dipadamkan. Meski si jago merah berhasil dikendalikan, namun pembasahan tetap dilakukan Damkar.

“Pemadaman dapur dan gudang dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam termasuk pembasahan. Penyebab kebakaran akibat masak air di dapur kemudian ditinggal,” ujarnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Jaring Pebalap Muda, IMI Gelar Kejurprov Road Race di Probolinggo 

Baca Juga

Usai Lahar Hujan, Kini Gunung Semeru Muntahkan Material Vulkanik Hampir Satu Kilometer

Lumajang,- Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang mengalami erupsi dengan melontarkan abu vulkanik hingga 1 kilometer …