JAGO: Putri R. Nurmala (32), warga Desa Kedawung Kulon, Pasuruan, saat merias anggota paskibraka. (foto: Moh. Rois)

Ternyata, Perias Paskibraka di Istana Merdeka Warga Kedawung Kulon Pasuruan

Pasuruan,- Putri Restu Nurmala (32), warga Desa Kedawung Kulon, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, ambil bagian dalam perayaan HUT RI ke-78 di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Putri menjadi anggota tim Make-Up Artis (MUA) yang bertugas merias Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) nasional di Istana Merdeka Jakarta.

Putri jadi perias Paskibraka setelah tembus 20 besar dalam seleksi perias se-Indonesia. Putri merupakan satu-satunya perias yang berasal dari Jawa Timur dan ditunjuk untuk berpartisipasi dalam prosesi penting di Istana Negara.

“Ini kesempatan pertama saya ke Istana Negara, yang jelas sangat senang dan juga terharu. Karena yang pasti tidak mudah sampai berada di sini,” ungkap Putri dengan raut wajah berseri.

Keberhasilannya dalam peran ini tidak didapat dengan mudah. Putri menjalani seleksi panjang sejak tahun 2019, bersaing dengan ribuan perias di seluruh Indonesia.

Usaha kerasnya akhirnya membuahkan hasil ketika dia dipilih oleh Mustika Ratu, salah satu brand make up ternama di Indonesia, sebagai anggota tim MUA Paskibraka Nasional.

Tugasnya meliputi merias anggota Paskibraka sejak sebelum upacara pengibaran bendera hingga acara sakral tahunan itu usai.

Bahkan, dia juga dipercaya untuk merias pembawa baki Paskibraka Nasional 2023, Lily Indiani Suparman Wenda, yang kini populer di media sosial (medsos).

Tak hanya itu, Putri juga bertanggung jawab untuk menghias wajah salah satu kepala biro kesekretariatan Istana Negara.

“Kalau saya, merias antara enam sampai tujuh orang. Kerjanya tim, ada yang bagian hairdo (rias rambut) ada yang make-up,” jelasnya.

Putri, yang merupakan alumni SMPN 1 Grati Tunon dan SMAN 1 Grati, telah memupuk minatnya dalam dunia tata rias wajah sejak masa sekolah.

Selama 8 tahun, dedikasinya terhadap bidang ini telah menghasilkan sejumlah prestasi mengesankan. Ia juga telah merias anggota Paskibraka nasional pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Juni 2023.

Baca Juga  Walikota Tawari Rindi PTT, Ini Reaksi Keluarga

Selain itu, Putri juga telah menjadi langganan tim MUA dalam acara final Putri Indonesia sejak tahun 2019 hingga 2023.

Putri menjelaskan bahwa kolaborasi lama dengan Mustika Ratu, brand ternama di dunia tata rias Indonesia, merupakan faktor penting di balik pencapaiannya.

“Saya memang sudah sejak lama berkolaborasi dengan Mustika Ratu. Awalnya diperbantukan untuk acara Putri Indonesia. Sekarang diperbantukan lagi make-up adik paskibraka,” tambahnya. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

HPN PWI Jatim 2024 Digelar di Jember, Inilah Berbagai Kegiatannya

Jember,- Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Jawa Timur tahun 2024 dipusatkan di Kabupaten Jember. Untuk …