BSD: Kawasan Bumi Semeru Damai Lumajang yang akan difasilitasi TPS Lokus. (foto: Asmadi)

KPU Lumajang Siapkan 11 TPS Lokus bagi Penyintas Erupsi Gunung Semeru

Lumajang,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang telah menyiapkan 11 Tempat Pemungutan Suara Lokasi Khusus (TPS Lokus) pada Pemilu tahun 2024 di Bumi Semeru Damai (BSD) Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

“Untuk TPS lokus kami siapkan 11 lokasi yaitu di BSD, warga di lokasi itu sudah menempati rumah huntap tidak memungkinkan kembali ke daerahnya,” kata Komisioner KPU Lumajang Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Sohudi, Selasa (15/8/2023).

Dijelaskan Sohudi, pemilihan di TPS kawasan BSD tidak bisa sembarangan dilakukan. Sebab pada prinsipnya, TPS khusus yang disiapkan KPU sama seperti Lapas Kelas II B Lumajang.

“Kalau pemilih di TPS Lokus pindah ke luar wilayah juga harus menyertakan bukti dukungannya. Tapi itu toh gak mungkin karena lokasi semula tidak dibangun TPS,” ujarnya.

Saat ini, KPU Lumajang hanya melakukan pendataan kepada warga yang menempati rumah di BSD saja. Warga yang tidak terdaftar di DPT, maka KPU akan mengakomodir sesuai dengan alamatnya.

“Semisal kemarin tidak terdaftar di DPT tapi sudah ada KTP El-nya di BSD berarti saat pencoblosan KPU akan akomodir sesuai dengan alamat yang ada di KTP-nya. Kami sudah koordinasi dengan kecamatan dengan BPBD. Insya-Allah data sudah masuk semua ke DPT,” bebernya.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk) Kabupaten Lumajang, Yonathan Kobba mengatakan, adminduk penghuni BSD masih beralamat di rumah lama sebelum terjadinya erupsi Gunung Semeru, 4 Desember 2021 silam.

“Untuk adanya TPS Lokus di BSD, teknisnya dari KPU kami tidak mengetahuinya. Intinya kami siap melakukan pembaruan dokumen adminduk warga disana,” tandas Yonathan. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Dishub Ajukan Bangun 1 dari 3 Pos Perlintasan KA via P-APBD

Baca Juga

Lima Pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo Pensiun Tahun ini

Probolinggo,- Tahun ini ada lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang …