Petugas damkar berjubaku memadamkan lahan yang terbakar (Foto: Istimewa).

Berawal Bakar-bakar Sampah, Lahan Kering di Mangunharjo Terbakar

Probolinggo – Lahan kering bekas persawahan di timur perumahan KTI, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan pada Kamis (10/08/23) terbakar. Akibat kejadian ini, asap kebakaran lahan sempat mengganggu warga di perumahan sebelum akhirnya dapat dipadamkan.

Informasi yang dihimpun PANTURA7.com, kebakaran lahan ini terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Api yang berawal dari bakar-bakar sampah kemudian merembet ke lahan bekas persawahan dan membesar.

Akibat kebakaran lahan tersebut, asap putih yang ditimbulkan mengarah ke perumahan warga. Warga yang berada di dalam rumah keluar, serta memadamkan api dengan air seadanya.

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkot Probolinggo yang mendapat laporan kemudian mendatangi lokasi kebakaran lahan.

“Petugas mendapat laporan sekitar pukul 09.30 WIB. Kami merespon dengan menerjunkan dua unit mobil damkar ke lokasi,” ujar Komandan Regu 1, Muhammad Sholeh.

Beruntung petugas pemadam dengan cepat memadamkan api yang membakar lahan bekas sawah tersebut. Sehingga api yang hampir mengenai rumah warga berhasil dipadamkan.

Meski sudah padam, karena yang terbakar bekas sawah, serta ditumbuhi banyak tanaman liar, petugas tetap melakukan penyiraman hingga dipastikan tidak ada lagi api yang tersisa.

“Penyebab kebakaran karena ada orang bakar-bakar, ditambah angin yang berhembus lumayan kencang. Alhamdulillah api dapat dipadamkan, meski begitu, petugas membutuhkan waktu dua jam untuk penyemprotan dan memastikan api benar-benar padam,” kata Sholeh.

Petugas mengimbau kepada warga untuk tidak melakukan bakar-bakar saat musim angin seperti ini, apalagi usai bakar-bakar kemudian ditinggal. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Busa Putih Penuhi Saluran Air di Prigen

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …