Sekda Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto. (foto: Ali Ya'lu)

Sekda Ugas, Satu-satunya ASN di Probolinggo yang Penuhi Kriteria Calon Pj Bupati

Probolinggo,- Jabatan HA. Timbul Prihanjoko sebagai kepala daerah, tepatnya jadi Plt. Bupati Probolinggo, bakal segera berakhir. Tepat pada 24 September 2023 ini, politisi PDI Perjuangan itu akan memasuki purna tugas.

Dengan purna tugasnya Timbul, jabatan Bupati akan diganti oleh Penjabat (Pj) Bupati. Sesuai dengan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang, ada sejumlah syarat yang perlu dipenuhi oleh sosok yang akan diusulkan menjadi Pj Bupati.

Salah satunya, Penjabat Bupati/Walikota berasal dari jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, seperti halnya eselon II A.

“Setidaknya Eselon II A. Termasuk Pak Sekda (Sekretaris Daerah daerah, red). Pak Ugas, itu sudah II A,” kata Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Probolinggo, Oka Mahendra Jati Kusuma, Minggu (30/7/2023).

Oka menyebut, Pj Bupati ini nantinya akan ditunjuk oleh Kemendagri sesuai usulan melalui Gubernur Jawa Timur. Di Kabupaten Probolinggo, hanya Sekda Ugas Irwanto yang menurut Oka, sudah memenuhi syarat untuk menjadi Pj. Bupati.

“Sejauh ini hanya sekda yang memenuhi syarat untuk ASN yang ada di Probolinggo. Namun bisa saja nanti Pj. Bupatinya berasal dari luar Probolinggo,” ujar dia.

Sementara itu, Sekda Ugas Irwanto mengatakan, menjadi Pj. Bupati Probolinggo bukanlah tugas yang mudah. Sebab, untuk memajukan Kabupaten Probolinggo, banyak aspek yang harus diperhatikan.

“Menjadi Pj Bupati Probolinggo itu amanah yang sangat berat, karena harus bisa membawa perubahan yang lebih baik,” ujar Ugas.e

Ia menyebut, jika nantinya terdapat calon lain yang ditakdir menjadi Pj Bupati Probolinggo, ia siap mendukung penuh program-program yang dicetuskan untuk memajukan Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga  Jaga Toleransi, Walikota Probolinggo Ajak Pelajar Papua ‘Tari Sajojo’

“Sebenarnya saya mengharap, jika ada calon lain yang dari Pemerintah Provinsi (Jatim), saya pikir tidak ada masalah, saya akan back-up,” ujar Mantan Kepala Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo ini.

Namun jika nanti dirinya yang ditakdir menjadi Pj Bupati, ia mengharapkan banyak doa dan dukungan dari semua elemen masyarakat, demi memajukan Kabupaten Probolinggo.

“Kalaupun saya yang ditakdir dan dipercaya menjadi Pj. Bupati, saya hanya mengharap dukungan semua masyakarat,” pinta Ugas.

Sebagai informasi, Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu dari 18 daerah di Jawa Timur yang akan mengalami kekosongan jabatan kepala daerah tahun ini seiring usainya masa jabatan. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

Genjot PAD, Pj Bupati Lumajang Bakal Seragamkan Penambang Pasir

Lumajang,- Demi mengatasi kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, memiliki rencana …