KERJASAMA: Gubernur Narathiwat Thailand dan rombongan saat berkunjung ke UNUJA Paiton Probolinggo. (foto: Humas UNUJA)

Gubernur Narathiwat Thailand Gandeng UNUJA Paiton Jalin Kerjasama Pendidikan

Probolinggo,- Gubernur Narathiwat Thailand, Sanan Phongaksorn dan rombongannya, berkunjung ke Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Paiton Probolinggo, Selasa (25/7/23) pagi. Kunjungan ini sebagai bentuk terjalinnya kerjasama antara kedua belah pihak di bidang pendidikan.

Rektor Universitas Nurul Jadid, Abdul Hamid Wahid menjelaskan, kunjungan rombongan para pejabat salah satu provinsi di Thailand Selatan ini dimulai sejak tanggal 23 Juli dan akan berakhir pada 26 Juli 2023.

Tujuan kunjungan, ditegaskan rektor yang akrab disapa Ra Hamid itu, untuk menjalin kerja sama di bindang tridarma perguruan tinggi dengan Universitas Nurul Jadid di Indonesia.

“Kerjasama yang dilakukan meliputi berbagai aspek penting, termasuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui pertukaran mahasiswa/pelajar, seminar, program bisnis dan wirausaha, serta kegiatan KKN-MBKM,” jelas Ra Hamid.

Menurut Ra Hamid, kerjasama antara perguruan tinggi, pesantren, dan lembaga pendidikan di Provinsi Narathiwat, Thailand, adalah sarana untuk memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat di kedua negara.

“Kolaborasi antara UNUJA khususnya, dan perguruan tinggi pada umumnya, dengan Pemerintah Thailand ini ditujukan tak lain untuk memperluas jejaring dan silaturrahmi, serta meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di masa depan,” bebernya.

Salah satu kegiatan unggulan dalam kunjungan ini adalah Studium Generale (SG) dengan tema ‘Bridging the Gap: Managing the Cross-Cultural Education in Thailand and Indonesia’. “Narasumber utamanya Mr. Sanan Phongaksorn, selaku Gubernur Provinsi Narathiwat,” ungkap Ra Hamid.

“Studium Generale ini akan menjadi forum bagi para peserta untuk memahami dan mengatasi tantangan dalam mengelola pendidikan lintas budaya antara Thailand dan Indonesia,” imbuh rektor yang dikenal kharismatik ini.

Sebelum berkunjung ke Universitas Nurul Jadid, rombongan Gubernur dan Dinas Pendidikan Swasta Thailand juga mengunjungi beberapa mitra Universitas Nurul Jadid lainnya, seperti DPRD Provinsi Jawa Timur, UNISMA Malang, Pemkot Probolinggo, dan Bupati Situbondo.

Baca Juga  Dituding Selingkuh dengan Kades Bulu, ini Jawaban Menohok Jessica Amalia

Sebagai penutup kunjunhan kerja (kunker), rombongan akan diajak berkeliling ke wisata Gunung Bromo untuk menyaksikan eksotika sunset dan sunrise yang dikenal sangat menakjubkan. (*)

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Diikuti Ratusan Pelajar se-Jawa Timur, Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa Berlangsung Meriah

Probolinggo,- Gelaran Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa (Exfesh) di lingkungan Pesantren Zainul Hasan (PZH) …