DIBETON: Proses pengerjaan rabat beton jalur truk pasir di Desa Condro, Pasuruan, Lumajang. (foto: Asmadi)

Cegah Kerusakan Jalan, Jalur Truk Pasir Dirabat Beton

Lumajang,- Pembangunan Jalan tambang di Desa Condro, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang mulai dikerjakan. Jalan aspal yang rusak itu, kini direhab dengan cara rabat beton.

Koordinator Sopir Angkutan Pasir, Muhammad Hanafi mengungkapkan, jalan beton yang akan dibangun sepanjang 1,2 kilometer dan lebar 6 meter dengan ketebalan beton 30 sentimeter.

“Anggarannya melalui swadaya rekan-rekan sopir dibantu masyarakat. Selain memudahkan masyarakat juga memudahkan akses armada pasir,” kata Hanafi, Sabtu (15/7/2023).

Menurut Hanafi, jalan tersebut disiapkan agar lebih tahan terhadap armada muatan pasir yang sering melintas di wilayah tersebut.

“Semoga rabat beton yang saat ini dilakukan bisa menahan armada pasir yang sering melintas di kawasan ini,” harap dia.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, pembangunan jalan dengan cara dibeton ini sudah diputuskan baik di tingkat desa maupun kabupaten.

“Jalan Desa Condro sudah diputuskan baik tingkat desa maupun kabupaten, dijadikan jalan tambang dan dikerjakan secara swakelola melalui BUMDes,” beber Thoriq.

Dijelaskan Thoriq, jalan tambang tersebut akan dikelola melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Adapun proses pembangunannya melibatkan masyarakat setempat secara bergiliran.

“Bentuknya terintegrasi mulai jalan tambangnya, perpajakannya, stockpilenya, satu kesatuan yang terus kita kuatkan agar tata kelola pertambangan pasir semakin baik,” Thoriq memungkasi. (*)

Editor Mohamad S
Publisher Zainul Hasan

Baca Juga  Pilkades Serentak di Lumajang, 24 Balon Ikuti Tes Tulis Tambahan

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …