SIGAP: Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati.

Kementerian PUPR Segera Bangun Jembatan Kali Glidik Baru, Bakal Lebih Kokoh dan Tinggi

Lumajang,- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono didampingi Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati meninjau sejumlah yang tersampak banjir lahar hujan Gunung Semeru, Senin (10/7/23).

Beberapa titik peninjauan diantaranya Bronjong Tanggul Sungai Lengkong, Gladak Perak dan Jembatan Gantung Kali Regoyo.

Terkait sejumlah infrastruktur yang rusak tersebut, Menteri PUPR mengatakan, pihaknya akan melakukan perbaikan infrastruktur dengan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah.

“Ada 5 jembatan putus yang harus diperbaiki, kemarin dengan BNPB sudah dikoordinasikan dengan Pemprov dan kabupaten dikerjakan secara kolaborasi antara APBN, APBD I dan APBD II. Pemerintah Kabupaten menangani 2 jembatan yang akan dibiayai oleh BNPB, 2 jembatan dikerjakan provinsi, dan kami APBN melaksanakan pembangunan kembali Jembatan Glidik 2 di jalan nasional,” kata Basuki.

Lebih lanjut Basuki menjelaskan, khusus untuk Jembatan Glidik penghubung Kabupaten Lumajang dan Malang, rencananya akan dibangun dengan kontruksi yang lebih kuat.

Ia menyebut bahwa dari hasil evaluasi nantinya pondasi jembatan akan ditinggikan dan diperdalam sehingga diharapkan lebih siap dari terjangan lahar dingin semeru.

“Pondasinya harus ditinggikan, kenapa kemarin hanyut, mungkin karena pondasinya gak tembus tetapi nangkring di batu, dari Bintek, Bina Marga mengevaluasi kontruksi yang lebih kuat,” jelasnya.

Basuki menambahkan, Jembatan Glidik yang rusak akibat terjangan lahar hujan Gunung Semeru akan dibangun permanen dan ditargetkan selesai dalam 4 bulan.

“Jembatan kerangkanya sudah mulai dimobilisasi ke sini, dan akan dibangun 2 arah dari arah Lumajang dan dari arah Malang, sehingga mudah-mudahan lebih cepat, targetnya 4 bulan,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Diduga Mabuk, Remaja Tanpa Identitas Terlibat Laka

Baca Juga

Belanja Kepegawaian Masih Diatas 30 Persen, Pemkab Lumajang Batasi Rekrutmen Tenaga PPPK

Lumajang,- Belanja kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang masih diatas 30 persen. Pemerintah kota …