BERSIAP: Anggota Satlantas Polres Probolinggo bersiap melakukan Operasi Patuh Semeru 2023. (foto: Ali Yak'lu)

Dua Pekan, Polisi Gelar Operasi Patuh Semeru, Ini Sasarannya

Probolinggo,- Polres Probolinggo menggelar apel pasukan Operasi Patuh Semeru 2023 di lapangan apel Mapolres Probolinggo, Senin (10/67/2023). Operasi Patuh Semeru ini akan digelar selama 14 hari hingga 23 Juli mendatang.

Dalam sambutannya, kapolres menyampaikan pesan dari Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Hermanto, bahwasanya perlu adanya evaluasi terkait masih banyaknya masyarakat pengguna jalan yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas.

“Angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di wilayah Jawa Timur masih tinggi, untuk itu perlu adanya evaluasi,” katanya, Senin (10/7/2023).

Ia mengatakan, tujuan Operasi Patuh Semeru ini untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Sehingga, baik pelanggaran maupun angka kecalakaan lalu lintas dapat terus ditekan.

“Untuk itu, kepada semua petugas, laksanakan penegakan hukum sesuai dengan aturan dan SOP (Standard Operating Procedure, red),” ujarnya.

Lebih lanjut Kapolres Arsya menjelaskan, sasaran utama pada Operasi Patuh Semeru kali ini pengendara yang berboncengan lebih dari satu orang.

Selain itu, juga pengendara yang melebihi batas kecepatan saat berkendara, pengendara di bawah umur, pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm standar (SNI).

Termasuk juga kendaraan roda empat yang pengendaranya tidak gunakan safety belt atau sabuk pengaman, berkendara dalam pengaruh alkohol, menggunakan HP saat berkendara, dan melawan arus.

“Kami harap dengan adanya Operasi Patuh ini, kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas semakin meningkat sehingga kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir,” ujarnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Ditutup Karena Langgar Prokes, Pengelola Wisata Gili Ketapang Kapok

Baca Juga

Motor Ditendang, Emak-emak Glamor di Besuk Jadi Korban Jambret 

Probolinggo,- Aksi nekad pelaku kejahatan terjadi di siang bolong. Kali ini, maling beraksi di Desa …