Tangkapan layar tanah longsor yang terjadi di Piket Nol Lumajang.

Longsor di Piket Nol, Jalur Lumajang – Malang Ditutup

Lumajang,- Akses jalan Kabupaten Lumajang menuju Kabupaten Malang, melalui jalur Piket Nol ditutup sementara akibat tertutup tanah longsor, Jum’at (7/7/2023) dinihari.

“Hujan deras disertai angin kencang terjadi di kawasan Piket Nol dan telah dilaporkan jalan tersebut ditutup sementara. Sementara tanah longsor itu terjadi sekitar pukul 04.00 WIB, saat kondisi hujan sedang lebat disertai angin kencang,” kata Suryadi, salah satu relawan di lokasi.

Suryadi mengatakan, relawan penanggulangan bencana sektor Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro memberikan informasi visual awal kondisi jalan yang longsor, agar para pengendara roda dua maupun empat tidak melalui jalur tersebut untuk sementara waktu.

“Akses tertutup bagi kendaraan roda 2 dan roda 4. Saat ini, alat berat sudah beroperasi untuk menangani material longsoran tersebut,” bebernya.

Sejauh ini, kata dia, tidak ada laporan terkait korban jiwa dan kerugian material akibat tanah longsor di akses jalan menuju Kabupaten Malang melalui jalur selatan tersebut.

“Terjadinya longsor di jalur Piket Nol tersebut mengakibatkan akses jalan Lumajang – Malang melalui Piket Nol tutup sementara hingga waktu cuaca memungkinkan, sehingga kami mengimbau kepada masyarakat yang akan melalui jalur tersebut sementara diminta untuk bersabar dulu,” ungkap dia.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, beberapa titik di sepanjang jalur Piket Nol di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, masuk kawasan rawan longsor dan pohon tumbang saat terjadi hujan deras atau hujan dengan intensitas tinggi. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Virus PMK Gelombang Kedua Terdeteksi di Lumajang, Vaksinasi Dimasifkan 

Baca Juga

Truk Vs Truk Tabrakan di Jalur Pantura Bangil, Sopir Kritis

Pasuruan,- Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalur pantura Raci, tepatnya di depan Pengadilan Agama (PA) …