TERENDAM: Puluhan hektar lahan tanaman pisang di Kecamatan Tempursari, Lumajang, terendam banjir. (foto: Asmadi)

Banjir Terjang Lumajang, Puluhan Hektar Lahan Pisang dan Padi Terendam

Lumajang,- Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Jumat (6/7/2023) kemarin, membuat jalan provinsi di Desa Tempurejo dan Bulurejo, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang terendam banjir.

Tidak hanya jalan, puluhan hektare kebun pohon pisang milik para petani terendam banjir dengan ketinggian satu meter lebih.

Rohman warga setempat menyampaikan, bahwa intensitas hujan yang turun sehari sebelumnya membuat sungai di kawasan tersebut meluap. Malangnya, luapan air masuk ke perkebunan pisang warga tanpa bisa dicegah.

Sampai dengan siang ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang terus melakukan asesmen ke lokasi. Petugas ingin memastikan berapa hektar lahan kebun pisang yang terdampak banjir.

“Kondisi sungainya sudah lumayan penuh, kemudian ditambah hujan mulai pagi hingga siang ini, makanya meluap. Sedangkan untuk ketinggian banjir bervariasi, paling tinggi sekitar 70 sentimeter,” katanya, Sabtu (7/7/2023).

“Kalau yang kami tangani bersama warga ada puluhan hektare kebun pisang dan padi terendam. Biasanya dalam sehari surut, tetapi ini di Bulurejo sama Tempurejo masih menggenang. Semoga tidak hujan lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Patria Dwi Hastiadi mengatakan, informasi awal yang diterima, banjir terjadi di Desa Purorejo, Kecamatan Tempursari. Penyebabnya, Sungai Glidik di desa tersebut meluap.

Akibatnya, sejumlah pohon yang berada di sempadan sungai banyak roboh hingga air terus meluber ke perkebunan pisang dan sawah milik warga.

“Kami masih melakukan asesmen ke lokasi. Jadi, kami belum bisa memastikan penyebab bencana banjir itu datang,” jelas Patria. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Baca Juga

Empat Korban Laka KA Rejoso Dikebumikan, Warga Merasa Kehilangan

Pasuruan,- Kecelakaan maut merenggut nyawa 4 orang di perlintasan kereta api Desa Patuguran, Kecamatan Rejoso, …