Pergantian Tiang PJU Kota Kraksaan Telan Anggaran Ratusan Juta

Probolinggo – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo mengganti tiang Penerangan Jalan Umum (PJU) di median jalan di Kota Kraksaan. Total tiang yang diganti mencapai 15 titik.

Kasi Pemeliharaan Sarana Prasarana Dishub setempat, Asminanik mengatakan, pergantian tersebut dilakukan mulai dari median jalan pertigaan timur Bank Jatim Cabang Kraksaan hingga median jalan yang berada di barat Diva Swalayan.

Ia menjelaskan, pergantian ini dilakukan dalam rangka melanjutkan pemeliharaan PJU median jalan Kota Kraksaan yang sudah dimulai sejak 2021. Dan sejatinya, 15 titik PJU yang dikerjakan saat ini dilakukan pada 2022 lalu.

Namun, karena keterbatasan anggaran, pengerjaannya pun baru bisa dilaksanakan tahun ini.

“Sekarang dianggarkan lagi. Tahun kemarin hanya pergantian lampunya yang bisa dilaksanakan,” katanya, Kamis (6/7/2023).

Ia menerangkan, untuk pergantian tiang PJU tersebut, pihaknya menggunakan tiang PJU setinggi tujuh meter dari bahan anti karat. Total anggaran yang harus dikeluarkan pun terbilang cukup banyak, yakni mencapai Rp172,5 juta.

“Tiang yang sebelumnya sudah banyak yang rapuh, khawatir roboh jika ada angin kencang, kan bisa membahayakan pengendara, makanya kami ganti,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dishub setempat Taupik Alami mengatakan, penggantian tiang PJU median jalan Kota Kraksaan sejatinya sudah direncanakan sejak 2021 lalu. Namun karena keterbatasan anggaran, akhirnya pengerjaannya dibagi menjadi dua, yakni pada 2021 lalu dan tahun ini.

“Tujuannya adalah untuk menjadikan Kota Kraksaan terang dan berfungsi untuk keselamatan pengendara, sekaligus menambah keindahan,” paparnya.(*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Disebut Mafia Tanah, Kades Jabung Candi Lapor Polisi

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …