Petugas damkar memadamkan rumah yang terbakar.

Diduga Korsleting Listrik Kipas Angin, Rumah di Jalan Imam Bonjol Terbakar

Probolinggo – Sebuah rumah di Jalan Imam Bonjol, RT 8, RW 7, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan terbakar pada Selasa subuh (27/06/23). Beruntung petugas damkar yang datang, cepat memadamkan kebakaran yang diduga dari korsleting listrik, sehingga api tak merembet ke rumah warga lain.

Informasi yang dihimpun PANTURA7.com kebakaran rumah milik Hona (55) ini pertama kali diketahui Rubiati, tetangga pemilik rumah yang terbakar sekitar 05.00 WIB. Saat itu asap mengepul muncul dari atap rumah.

“Jadi saat itu saya sedang menjemur pakaian di lantai dua rumah saya, tercium bau seperti asap, setelah saya cek, ternyata dari rumah Hona muncul asap hitam,” ujarnya.

Melihat asap hitam, Rubiati kemudian memanggil warga yang kemudian mengecek rumah Hona. Dan benar saja saat dicek, dari kamar depan muncul api dan asap.

Warga kemudian melaporkan kejadian ini ke Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Probolinggo, yang tak lama kemudian tiba. Selanjutnya petugas langsung melakukan pemadaman di rumah milik Hona yang terbakar. Tak sampai satu jam, api yang membakar dua ruangan tersebut berhasil di padamkan.

“Biasanya rumah tersebut ditempati Hona dan dua anaknya, namun saat kebakaran ini, pemilik sedang tidak ada di rumah,” kata Rubiati.

Beruntung, petugas yang datang dengan cepat dapat langsung memadamkan api. Sehingga api tak sampai merembet ke rumah warga, lantaran jarak antara rumah yang terbakar dan rumah warga lainnya saling berdekatan.

Sementara, Komandan Regu 4 Damkar Pemkot Probolinggo, Nurul Purwanto mengatakan, petugas mendapat laporan sekitar pukul 05.15 WIB, yang kemudian ditindaklanjuti dengan mendatangi lokasi. Selama pemadaman ada kendala karena jalan menuju lokasi rumah yang terbakar sempit sehingga membutuhkan tiga selang untuk dapat menjangkau lokasi kebakaran.

Baca Juga  Harga Cabai Rawit Terjun Bebas, Kini Rp15 Ribu/Kg

“Jadi saat kebakaran terjadi kondisi rumah dalam kondisi kosong, yang mana api sudah membakar dua ruangan, yakni ruang kamar dan ruang tengan. Dugaan sementara api berasal dari korsleting listrik pada kipas angin yang menyala,” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …