Petugas TNBTS tengah berupaya padamkan api di kawasan lereng Gunung Bromo, Selasa (12/9/2017)

Kebakaran di Padang Savana Bromo Meluas

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kebakaran di kawasan konservasi padang savana Bromo meluas. Meski proses pemadaman terus diupayakan oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), namun lahan kering dan hembusan angin kencang membuat api justru menjalar.

Pihak TNBTS memperkirakan, area yang terbakar sejauh ini sudah mencapai lebih 80 hektar lahan. Puluhan hektar lahan itu, tidak hanya padang savana, namun juga area perbukitan yang mengelilingi Gunung Bromo.

“Perkiraan sementara sekitar 80 hektar lebih yang terbakar. Kami masih berupaya untuk memadamkamnya, mudah-mudahana bisa segera teratasi,” terang Kabid Wilayah 1 TNBTS Farianna Prabandari, Selasa (12/9/2017).

Pihaknya, lanjut Farianna, sudah menggandeng TNI, Polri, relawan Bromo Lovers dan pihak terkait lainnya untuk membantu proses pemadaman api. Area padang savana lebih mudah dikendalikan, namun tidak demikian untuk titik api yang berada di lereng atau tebing.

“Titik api di sekitar savana sudah bisa kami atasi, namun untuk api yang membakar lereng atau tebing belum dapat diatasi. Kondisi alamnya tidak memungkinkan, tapi kita akan terus berupaya,” tutur perempuan berhijab ini via sambungan seluler.

Selain padang savana dan perbukitan teletubbies, titik api juga merambat ke daerah Jontur, Watu Kuto, dan lereng B29, yang terletak disisi selatan gunung Bromo. Bahkan api juga dilaporkan membakar area flora di sekitar Penanjakan Kabupaten Pasuruan, meliputi Dingklik dan bukit cinta. (em/ela).

Baca Juga  Terlilit Hutang, Warga Krucil Pilih Gantung Diri

Baca Juga

Murni Kelalaian Pengendara, Penyelidikan Laka Moge Dihentikan

Probolinggo,- Polres Probolinggo Kota menghentikan penyelidikan kasus kecelakaan motor gede (moge) yang mengakibatkan dua orang …