KEKERINGAN: Warga mendapatkan bantuan air bersih dari Polres Pasuruan. (foto: Moh. Rois)

Dilanda Kekeringan, Warga Desa Kedung Pengaron Pasuruan Krisis Air Bersih

Pasuruan,- Dampak musim kemarau panjang mulai dirasakan oleh belasan desa di enam kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Salah satu wilayah yang terdampak kekeringan adalah Dusun Krikilan, Desa Kedung Pengaron, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan.

Kekeringan yang melanda desa ini menyebabkan krisis air bersih. Hal ini terlihat dari warga yang berbondong-bondong membawa jerigen kosong untuk mengantre mendapatkan air bersih yang disalurkan oleh pihak kepolisian.

Warga Desa Kedung Pengaron, Masturo mengungkapkan, kebutuhan air bersih menjadi sangat penting selama musim kemarau. Air bersih dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari, seperti minum dan memasak.

“Musim kemarau ini kan kami butuh air bersih, ya untuk kebutuhan sehari hari, seperti minum dan memasak,” kata Masturo, Sabtu (24/5/23).

Setiap musim kemarau, menurut Masturo, di desanya selalu kesulitan air bersih. Bahkan, untuk mencari air bersih warga terpaksa melakukan perjalanan jauh hingga berkilometer-kilometer ke dusun-dusun lain atau ke desa tetangga.

“Biasanya kalau mencari air bersih harus turun ke bawah, ke desa tetangga,” ujar menceritakan.

Sementara itu, Kapolres Pasuruan, AKBP Bayu Pratama Gubunagi mengatakan, untuk membantu warga yang kesulitan air bersih di kawasan itu, pihaknya mendistribusikan 10 ribu liter air bersih.

Penyaluran air bersih ini diberikan kepada 120 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah jiwa keseluruhan kurang lebih 300 jiwa di Desa Kedung Pengaron.

“Hari ini pendistribusian air bersih kepada warga Dusun Krikilan, Desa Kedungpengaron sebanyak 10 ribu air bersih atau dua tangki,” tutur Bayu.

Rencananya, dijelaskan Bayu, distribusi air bersih akan dilakukan setiap hari ke bebrapa desa lain yang juga dilanda kekeringan. Bayu berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi warga.

“Semoga penyaluran air bersih ini, dapat membantu warga serta bisa memberikan manfaat kepada saudara-saudara kita yang kekurangan air bersih,” ungkapnya.

Baca Juga  Pemkab Probolinggo Tunjuk Pesantren Genggong jadi Eco-pesantren

Data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, tercatat ada 17 desa di enam kecamatan yang saat ini terdampak kekeringan.

Enam kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Kejayan, Paserpan, Gempol, Winongan, Lumbang, dan Lekok. (*) 

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Bakal jadi Kantor Baru KPU, Eks-TPS Kraksaan Wetan Segera Dibongkar

Probolinggo,- Tumpukan sampah di lokasi eks-Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, …