Tumpukan Sampah Ganggu Perumahan Jepara

KANIGARAN-PANTURA7.com, Perilaku warga yang membuang sampah sembarangan masih terlihat di antaranya di Perumahan Jepara, Kota Probolinggo. Tumpukan sampah masih dijumpai di selokan hingga badan jalan di perumahan di RT 03/RW 06 Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran itu.

“Warga yang ketahuan membuang sampah sembarangan, termasuk dari dalam mobil pribadi, harus mendapatkan sanksi. Kesadaran warga untuk disiplin dan hidup bersih perlu ditumbuhkan melalui edukasi dan tindakan,” kata salah satu warga Perumahan Jepara yang tidak mau disebut namanya, Sabtu (29/8/2020).

Pantauan di lapangan,sejumlah warga di wilayah tersebut diketahui masih kerap membuang sampah sembarangan. Termasuk di pinggir badan jalan dan selokan di komplek perumahan tersebut.

Di jalan perumahan masih terlihat sampah kerap dibuang di pinggir jalan atau di dalam saluran selokan depan rumah.

Selain menimbulkan bau busuk, sampah itu juga mengotori lingkungan dan menghambat kelancaran arus air drainase atau selokan.

Sampah-sampah rumah tangga itu biasanya diletakkan di pinggir badan jalan pada malam atau subuh, dengan harapan petugas kebersihan yang rutin berkeliling akan mengangkutnya dengan mobil sampah.

“Warga harus diedukasi untuk tidak buang sampah sembarangan, atau diberikan tindakan tegas jika kedapatan masih buang sampah di sembarangan tempat.Padahal sudah disediakan tempat sampah,”harap warga lainnya.

Mereka menyebutkan kondisi kebersihan di Kota Probolinggo sebenarnya membaik. Namun akibat ulah warga yang membuang sampah sembarangan, terutama di tempat umum akan merusak citra kota ini yang bermoto ” Kota Bestari” (bersih, tertib,aman, rapi dan indah).

Warga berharap kepada petugas DLH agar dalam pengambilan sampah jangan terlalu lama seperti seminggu sekali bahkan dua minggu sekali,”harapnya.

Sementara itu, Lurah Tisnonegaran, Siti Khotijah mengatakan, akan melakukan pendekatan terkait warga Perumahan Jepara (kavling 7-8), khususnya di wilayah RT 03/RW 006 yang membuang sambarangan.Di wilayah tersebut juga sudah ditempatkan bak sampah.

Baca Juga  Liga 3 Jatim, Persipro 1954 Libas Mitra Bola Utama 3-0

“Kami berharap kepada warga agar membuang sampah pada tempatnya demi kebaikan kita bersama. Kalau lingkungan bersih wargapun akan sehat, apalagi kondisi sekarang masih pandemi Covid 19,” terang Siti.(*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Ada Dugaan Penambangan Ilegal, DLH Kab. Pasuruan Datangi Kawasan Pacuan Kuda Kejayan

Pasuruan,- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan bersama Satpol PP setempat melakukan pemeriksaan dugaan penambangan …