KHAS: Kambing Ras Senduro memiliki kualitas unggul dengan harga selangit. (foto: Asmadi)

Mengenal Kambing Ras Senduro, Kambing Spesialis Kontes Berharga Selangit

Lumajang,- Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kambing terbaik di Jawa Timur. Bahkan, kambing dari wilayah ini mempunyai ras sendiri, yakni Ras Senduro.

Kambing ras Senduro kerap menjuarai kontes kambing, dari level regional hingga nasional. Tak heran jika kambing Ras Senduro, rata-rata memiliki harga jual selangit.

Harga kambing-kambing yang diternak oleh warga di wilayah Kecamatan Senduro, dijual dengan kisaran harga diatas rata-rata kambing kebanyakan. Banyak kambing Ras Senduro yang dijual puluhan hingga ratusan juta per ekornya.

Jika kambing Ras Senduro pernah menjuarai kontes, baik tingkat regional maupun nasional, maka harganya otomatis kian melangit. Kambing Ras Senduro yang juara, mendongkrak harga jual berlipat-lipat.

Kambing Ras Sendruo yang identik dengan badan yang tinggi besar, bertelinga panjang, kepala nonong dan warna bulu putih.

Selain bertani, mayoritas warga di wilayah Kecamatan Senduro beternak kambing. Di depan, samping dan belakang rumah-rumah warga, berjejer kandang-kandang kambing dengan model panggung dan bersekat.

“Mayoritas warga Kecamatan Senduro beternak kambing ras ini, ada yang memiliki beberapa ekor saja, ada pula yang ternak hingga puluhan ekor. Memang di Indonesia, sentra kambing ras Senduro yang super berasal dari Kecamatan Senduro,” kata Herman, peserta kontes kambing Ras Senduro di Bumi Perkemahan Glagah Arum Desa Kandangtepus, Kecamatan Senduro, Minggu pagi, (18/6/2023).

Warga Desa Tempuran, Kecamatan Senduro ini tak meragukan kualitas kambing di wilayahnya. Buktinya, para pencari kambing Ras Senduro datang dari berbagai daerah, bahkan dari luar Kabupaten Lumajang.

KONTESTAN: Kambing Ras Senduro saat mengikuti kontes di Bumi Perkemahan Glagah Arum Lumajang. (foto: Asmadi)

“Kambing jenis ini memang sering mengikuti kontes, selain badannya yang besar dengan bulu yang cantik, kambing ini juga mampu menghasilkan susu dengan kualitas bagus,” beber Herman.

Baca Juga  Pisah Sambut Kejari Lumajang, Pj. Bupati Beri Pesan Begini

Diburu Pembeli
Peserta kontes lainnya, Syafi’i (59) mengaku, sejak kecil ia sudah beternak kambing Ras Senduro. Kebetulan di desanya, Desa Kandangtepus, Kecamatan Senduro, banyak warga yang beternak kambing Ras Senduro.

“Sejak kecil sudah ternak kambing Ras Senduro, sampai dengan sekarang diteruskan anak saya. Harganya bagus, selalu tinggi,” ucap Syafi’i menjelaskan.

Menurut Syafi’i, kambing Ras Senduro hasil peliharaannya kerap diincar para penghobi kambing kontes asal Probolinggo, Jember, Banyuwangi, Malang, Ngawi, Surabaya dan Bali.

Bahkan, sejak kambing baru lahir, biasanya pembeli sudah berdatangan. Apalagi jika kambing sudah pernah ikut kontes, maka akan semakin diminati meski harganya sudah melambung.

“Kalau kualitasnya bagus, harga jualnya bisa puluhan hingga ratusan juta,” ia memungkasi. (***)

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Arus Balik, Penumpang KA di Stasiun Bangil Melonjak 40 Persen

Pasuruan,- H+4 Lebaran, Stasiun Bangil di Kabupaten Pasuruan dipadati penumpang yang melakukan perjalanan mudik balik. …