Warga sedang menyiram sisa puing rumah yang terbakar.

Diduga Korsleting Listrik, Dua Rumah di Leces Terbakar

Probolinggo – Dua rumah di Dusun Sempol, Desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo pada Sabtu siang (17/06/23) ludes terbakar. Saat kebakaran terjadi, pemilik dua rumah yang masih saudara ini sedang tidak berada di rumah.

Terbakarnya dua rumah milik pasangan suami istri (pasutri), Slamet dan Buya, serta Eko dan Lia terjadi sekitar pukul 12.30. Saat itu pemilik kedua rumah sedang tidak ada di rumah.

Karena bangunan terbuat dari bahan semi permanen sehingga api yang berawal dari daerah dapur kemudian cepat merembet membakar dua rumah.

“Jadi api ini muncul dari bagian dapur rumah milik Slamet, kemudian dengan cepat membakar rumah milik Eko yang berdempetan. Warga sekitar yang melihat kejadian kemudian memadamkan api dengan alat seadanya,” ujar keponakan Slamet, Ahmad Sodikin.

Saat kebakaran, kedua pemilik rumah sedang berada di sawah. Sehingga pemilik baru mengetahui setelah diberi tahu oleh keluarganya.

Sementara, pemilik rumah, Buya mengungkapkan, saat kejadian ia bersama suaminya sedang di sawah menanam bawang merah. Mereka baru mengetahui kebakaran setelah dijemput saudaranya.

“Akibat kebakaran ini membuat hampir seluruh rumah saya terbakar, bahkan barang berharga seperti baju serta bawang merah yang saya simpan di dapur ludes terbakar,” ujarnya.

Buya mengaku, kebakaran ini diduga karena korsleting listrik, karena meski menanak nasi menggunakan tungku, namun setelah selesai selalu dipadamkan.

“Kayaknya dari korsleting listrik, sebab sebelum saya berangkat ke sawah, tungku yang berada di dapur tempat menanak nasi sudah padam,” imbuhnya.

Tak lama kemudian, petugas pemadam kebakaran Kabupaten Probolinggo yang datang usai mendapat laporan kemudian melakukan penyemprotan dua rumah yang terbakar.

Petugas Pemadam Kebakaran Pemkab Probolinggo, Ryan saat di konfirmasi mengatakan, petugas mendapat laporan sekitar pukul 12.40, yang kemudian ditindaklanjuti dengan mendatangi lokasi. Setelah dilakukan penyemprotan, api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 14.00.

Baca Juga  Ambil Topi Yang Jatuh, Pejalan Kaki Meregang Nyawa

“Untuk kendala hanya jalan menuju lokasi yang agak sempit namun truk damkar dapat masuk, dan berhasil memadamkan api. Dugaan sementara penyebab kebakaran ini dari korsleting pompa air,” ujarnya.

Akibat kejadian ini, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta, di antaranya berupa uang tunai, bibit bawang merah, serta material rumah yang terbakar. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …