MERESAHKAN: Sarang tawon vespa saat dievakuasi petugas damkar Kota Pasuruan. (foto: Moh. Rois)

Tawon Vespa Resahkan Warga, Damkar Terpaksa Turun Tangan

Pasuruan,- Tawon ndas atau tawon vespa afinis meresahkan warga di Perumahan Graha Candi, Kelurahan Bakalan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan. Pasalnya, sarang tawon tersebut bersarang di salah satu rumah warga.

Pemilik rumah pun ketakutan sehingga, Jumat (2/6/2023) malam, pemilik rumah terpaksa memanggil petugas Pemadam Kebakaran (Damkar). Tujuannya, untuk membersihkan tawon ndas yang bersarang di di rumahnya itu.

“Kami mendapat laporan sekitar pukul 18.30 WIB. Setelah mendapat laporan tersebut, malam itu juga kami melakukan evaluasi,” ujar Samsul Hadi, Kalaksa BPBD Kota Pasuruan, Sabtu (3/6/2023).

Dijelaskan Samsul, evaluasi sarang tawon sebesar kepala manusia ini berlangsung lama. Setelah berjuang sekitar 1 jam lebih, akhirnya petugas Damkar berhasil mengevakuasi sarang tawon dari rumah warga.

“Proses evakuasi sekitar satu jam lebih. Sarang tawon itu kemudian kami amankan ke mako BPBD Kota Pasuruan dan nantinya akan dimusnahkan,” jelas dia.

Samsul menghimbau kepada seluruh warga untuk segera melaporkan apabila menemukan sarang vespa affinis di sekitar lingkungan mereka.

Himbauan ini dilakukan sebagai langkah pencegahan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan warga di wilayah Kota Pasuruan.

“Warga kebanyakan tidak menyadari munculnya sarang tawon tersebut, tiba-tiba sarangnya sudah besar,” ungkap Samsul. (*)

 

Editor Mohamad S
Publisher Zainuk Hasan

Baca Juga  600 Pekerja Rawan Kecelakaan, Simulasi Kondisi Darurat Digelar

Baca Juga

Tebing Piket Nol Kembali Longsor, Jalur Lumajang – Malang Kembali Ditutup

Lumajang,- Jalur Piket Nol di KM 54 Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang kembali ditutup. …