HARKITNAS: Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawatu saat memimpin upacara Harkitnas 2023. (foto: Asmadi)

Momentum Harkitnas, Wabup Lumajang Ajak Masyarakat Pererat Persatuan Memasuki Tahun Politik

Lumajang,- Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menyebut, selama satu tahun kedepan nilai persatuan dan kesatuan bangsa bakal mendapat tantangan lebih berat seiring tibanya tahun politik.

Dimana pada tahun ini, akan ada banyak perbedaan dan ketentuan-ketentuan yang nantinya akan menyudutkan masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Lumajang.

Oleh sebab itu, ia mengingatkan agar dengan semangat Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) saat ini, jangan sampai ada pikiran kotor untuk menodai cita-cita luhur pendiri dan pejuang bangsa, yang dapat merusak persatuan dan kesatuan.

“Kita harus bergandengan tangan, meskipun berbeda pilihan. Tunjukkan bahwa Lumajang itu sejuk, Lumajang itu damai. Selamat dan semangat untuk bangkit menuju kemakmuran yang bermartabat,” kata Indah, saat menjadi Pimpinan Upacara Harkitnas 2023 di Alun-alun Lumajang, Senin (22/5/2023).

Dalam kesempatan itu, Wabup Indah juga membacakan Pidato Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Moh. Mahfud MD, yang berisi arahan dalam peringatan Harkitnas ke-115 Tahun 2023.

Isinya, seluruh komponen bangsa diajak untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional, sembari merapatkan barisan perjuangan dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

“Kita juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak. Berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan Semangat Untuk Bangkit,” ucapnya.

Dalam pidato tersebut dijelaskan, barisan persatuan yang dibentuk oleh Boedi Oetomo adalah pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit, baik pada masa pra maupun pasca kemerdekaan.

“Di masa ini, di saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api ‘Semangat Untuk Bangkit’ demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” bener Wabup.

Baca Juga  Pejabat-ASN Tahun ini Dilarang Bukber, tak Terkecuali di Lumajang

Upacara tersebutdiikuti oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Lumajang, oramuka, mahasiswa dan siswa-siswi sekolah. (*)

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan

Baca Juga

Banyak Kendaraan ‘Overload’ Melintas, Pj Bupati Probolinggo Sidak Portal Pembatas Tonase

Probolinggo,- Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Selasa siang (7/5/24) melakukan sidak di dua lokasi portal …