Petugas damkar memadamkan api yang membakar lahan ilalang.

Bakar Sampah, Lahan Ilalang di Jalan Indragiri Terbakar

Probolinggo – Sepetak lahan ilalang di Jalan Indragiri, Gang 1, Kelurahan Jrebeng Wetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo pada Senin siang (22/05/23) terbakar. Beruntung petugas damkar yang datang langsung bisa memadamkan api. Sehingga api tak sampai menyambar ke sebuah tempat makan.

Informasi yang dihimpun PANTURA7.com, kebakaran ini terjadi sekitar pukul 11.30, diduga ada seseorang membakar sampah. Karena tiupan angin kencang, api kemudian merembet dan membakar lahan ilalang.

“Tiba-tiba api yang membakar lahan ilalang di sebelah tempat makan membesar. Melihat api, warga dan sejumlah pemuda kemudian memadamkan api dengan air seadanya,” ujar Siti, warga sekitar.

Karena api cepat merembet hingga lahan ilalang yang berada di sebelah selatan lahan yang pertama terbakar, warga kemudian melaporkan kejadian ini ke Damkar Pemkot Probolinggo, yang tak lama kemudian datang.

Setibanya di lokasi, petugas kemudian memadamkan api yang membakar dua petak lahan ilalang. Tak sampai 20 menit, api berhasil dipadamkan. Namun meski padam, petugas tetap melakukan penyemprotan untuk mengantisipasi api kembali muncul.

Kepala Seksi Damkar Pemkot Probolinggo, Abdullah mengatakan, petugas mendapatkan informasi sekitar pukul 11.55, yang kemudian menerjunkan dua unit damkar. Sekitar 15 menit kemudian api berhasil dipadamkan dengan hanya menggunakan mobil damkar ukuran 3.000 liter.

“Untuk informasi yang kami dapat kebakaran ini bermula karena adanya salah seorang yang bakar-bakar yang tidak ditunggui. Api kemudian menjalar dan membakar lahan ilalang. Beruntung damkar yang datang berhasil memadamkan api sehingga tak sampai menjalar ke bangunan tempat makan,” ujarnya.

Petugas mengimbau kepada warga untuk tidak membakar sampah, karena saat ini Kota Probolinggo masuk ke musim angin. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Satu Terduga Teroris Sumbertaman Merupakan PNS

Baca Juga

Hendak Menyeberang Jalan, Warga Besuk Tertabrak Trail di Jalur Paiton

Probolinggo,- Kecelakaan maut terjadi di jalur Pantura Paiton, tepatnya di jalan raya Desa Pondokkelor. Peristiwa …