Kantor KPU Kabupaten Lumajang

Verifikasi Berkas Bacaleg, KPU Harap Masyarakat Ikut Mengawasi 

Lumajang,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menutup pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) pemilu 2024. Hari ini, KPU mulai memverifikasi administrasi dokumen persyaratan bacaleg, tak terkecuali di Kabupaten Lumajang.

Total ada 18 Partai Politik di Kabupaten Lumajang yang telah menyerahkan dokumen bacaleg, sampai batas waktu yang ditentukan, Minggu (14/5/2023) malam.

“Dari 18 partai politik, yang terakhir mendaftarkan bacalegnya pada detik akhir ada dua partai yaitu Partai Gelora dan Garuda,” kata Ketua KPU Lumajang, Yuyun Baharita, Selasa (15/5/2023).

Selanjutnya, jelas Yuyun, pihaknya akan melakukan verifikasi administrasi mengenai persyaratan para bacaleg yang didaftarkan. Ada dua kategori yang digunakan dalam tahapan verifikasi administrasi bacaleg.

“Nah untuk hari ini kegiatan yang dilakukan KPU adalah penelitian atau verifikasi dokumen persyaratan bakal calon. Itu ada dua kategori yang digunakan untuk penilaian atau penelitian yaitu yang pertama kebenaran dokumen persyaratan dan juga keabsahan dokumen persyaratan,” bebernya.

Yuyun menambahkan, pihaknya akan melakukan verifikasi secara cermat untuk memastikan bacaleg yang terdaftar memenuhi persyaratan sesuai ketetapan. Ia juga mengajak masyarakat untuk terus memantau proses tahapan ini.

“Pendaftaran bacaleg parpol di KPU menandakan semakin dekatnya Pemilu 2024. Kami menghimbau masyarakat Lumajang untuk terus aktif mengikuti dan memantau proses tahapan pemilu ini guna menjamin proses demokrasi yang sehat dan transparan,” imbuhnya.

Sekedar diketahui, tahapan verifikasi bacaleg ini akan berlangsung mulai hari ini hingga 23 Juni 2023. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  DPRD Lumajang Kritisi Rekrutmen PPPK, Dinilai Diskriminatif terhadap Disabilitas

Baca Juga

Ketua Gerindra jadi Politisi Pertama Kembalikan Formulir Pendaftaran Bacawali Probolinggo via Nasdem

Probolinggo,- Ketua DPC Partai Gerindra Kota Probolinggo, dr Aminuddin, Minggu siang (5/5/24), mengembalikan formulir pendaftaran …