MOTIVASI: Wabup Lumajang saat pimpin pacara hari Otonomi Daerah 2023 di Halaman Kantor Bupati Lumajang. (Foto: Asmadi)

Hari Otonomi Daerah, Wabup Lumajang Minta ASN Lebih Inovatif

Lumajang,- Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati atau Bunda Indah, menghadiri peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII Tahun 2023 yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Lumajang, Senin (8/5/2023).

Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di kota pisang hadir mengikuti upacara yang dipimpin langsung oleh Bunda Indah itu.

Dalam kesempatan ini, Bunda Indah berharap agar hari otonomi daerah bisa diperingati sebagai momentum pemberian sebagian kewenangan khususnya kewenangan konkuren (urusan pemerintahan yang dibagi antara Pemerintah Pusat dan Daerah provinsi dan Daerah kabupaten/kota) yang diberikan kepada daerah.

“Terdapat 32 urusan konkuren antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, yaitu 6 urusan wajib terkait pelayanan dasar, 18 urusan wajib tidak terkait dengan pelayanan dasar dan 8 urusan pilihan yang menjadi dasar pelaksanaan otonomi daerah,” kata Bunda Indah.

Menurutnya, surat sambutan Menteri Dalam Negeri yang dibacakan olehnya menyebut, otonomi daerah telah memberikan dampak yang positif khususnya pada kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Hal itu dibuktikan dengan menurunnya angka kemiskinan yang turun hingga mencapai 9,57 % pada tahun 2022 berdasarkan laporan BPS. Juga pada penurunan angka stunting yang mencapai 21,6 % pada tahun 2022.

Ia berpesan kepada seluruh ASN di Pemerintah Kabupaten Lumajang, untuk mendukung semua program pemerintah dengan inovasi dan karya sebagai wujud pelayanan publik.

Pemerintah daerah, imbuh Bunda Indah, harus bisa memenuhi pelayanan dasar kepada masyarakat. Tujuannya, agar layanan publik kepada masyarakat semakin baik, mudah dan cepat.

“Terima kasih semuanya, tetap jadi ASN yang semangat dalam berinovasi dan berkarya, terima kasih semuanya,” pesan dia. (*)

 

Editor: Mohamad S
Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga  Pupuk Subsidi di Lumajang Langka HKTI: Banyak yang 'Bermain'

Baca Juga

Berusia Hampir 3 Abad, Begini Sejarah Berdirinya Kabupaten Probolinggo

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, menggelar upacara Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke-278, Kamis (18/4/24) …