Foto: Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko (mengenakan baju kotak-kotak merah putih).

Akhir Tahun, Wabup Timbul Bakal Purna Tugas, Sanggup Bereskan Jalan Rusak?

Probolinggo,- Sebanyak 18 jabatan bupati/wali kota di Jawa Timur pada tahun 2023 ini akan segera diisi Penjabat (Pj). Pada 24 September 2023 mendatang akan ada 11 Pj yang dilantik.

Informasi yang dihimpun, penunjukan Pj ini berdasarkan Permendagri 4 Tahun 2023. Khusus Permendagri ini berbicara soal Pj bupati, wali kota, termasuk Pj gubernur.

Pelantikan Pj bupati/walikota berlangsung tiga tahap. Pada 24 September bakal dilantik 11 Pj, yang sampai saat ini belum dijelaskan untuk kabupaten/kota mana saja.

Lalu pada 25 September 2023 akan dilantik Pj Bupati Tulungagung dan pada 10 Desember 2023 yakni Pj Wali Kota Mojokerto. Sementara sisanya 5 Pj dilantik pada 31 Desember 2023.

Satu diantara 18 daerah yang bakal diisi Pj adalah Kabupaten Probolinggo. Saat ini, wilayah dengan penduduk 1,5 juta jiwa dinakhodai Wakil Bupati Timbul Prihanjoko, meneruskan tampuk kepemimpinan bupati non-aktif, Puput Tantriana Sari, yang terjerat kasus hukum.

Salah satu pe-er yang harus dituntaskan Timbul sebelum purna tugas adalah memperbaiki infrastruktur jalan yang rusak parah di sejumlah titik, terutama di kawasan terpencil.

Timbul mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pobolinggo terus mencicil melakukan perbaikan-perbaikan terhadap jalan-jalan rusak yang ada di wilayah kota mangga.

“Untuk perbaikan jalan ini kita bagi dalam 2 tim untuk barat dan timur Kabupaten Probolinggo. Semuanya fokus menyelesaikan perbaikan kerusakan jalan-jalan yang ringan. Perbaikan besar baru bisa dilakukan pada bulan Juni dan Juli 2023, saat ini masih proses pelelangan,” urai Timbul.

Inilah 18 kabupaten/kota di Jawa Timur yang akan diisi Pj bupati/wali kota pada tahun 2023:

1. Kab Probolinggo

2. Kab Sampang

3. Kab Bangkalan

4. Kab Bojonegoro

Baca Juga  Capaian Retribusi Tera Ulang Masih Rp120 Juta

5. Kab Nganjuk

6. Kab Pamekasan

7. Kab Tulungagung

8. Kab Pasuruan

9. Kab Magetan

10.Kab Madiun

11. Kab Lumajang

12. Kab Bondowoso

13. Kab Jombang

14.Kota Malang

15. Kota Mojokerto

16. Kota Probolinggo

17. Kota Kediri

18. Kota Madiun. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …