MERIAH: Sspanjang jalan Desa Ketegan yang dipenuhi obor kecil. (foto: Moh. Rois)

Kemeriahan Malam Takbir di Pasuruan, Warga Pasang Obor Sepanjang Jalan

Pasuruan, – Warga Desa Ketegan, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan menyanbut malam takbir lebaran dengan suka cita, Jumat (21/4/2023). Sepanjang jalan desa setempat, terlihat obor kecil yang dipasang dari botol bekas, menghiasi setiap sudut jalanan.

Slamet, warga Desa Ketegan menjelaskan, tradisi ini dilakukan setiap tahun saat malam takbir. Para remaja di Desa Ketegan iuran untuk memasang obor kecil sebagai tanda kegembiraan menyambut hari raya yang penuh berkah.

“Setiap tahun warga memasang obor kecil di sepanjang jalan yang masuk wilayah Desa Ketegan. Dananya dari iuran remaja sini,” kata Selamet.

Obor kecil yang dipasang terbuat dari botol bekas yang diberi sumbu dan bahan bakar minyak. Walaupun terlihat sederhana, obor kecil ini mampu memberikan nuansa kemeriahan yang tak ternilai harganya bagi warga Desa Ketegan.

“Tradisi memasang obor kecil ini menjadi salah satu cara warga Desa Ketegan untuk menyambut hari raya Idul Fitri dengan penuh suka cita,” Slamet menegaskan.

Dengan adanya obor kecil yang menyala sepanjang jalan, warga Desa Ketegan berharap dapat memberikan semangat dan kegembiraan bagi warga yang melintas di sekitar desa mereka.

“Semoga tradisi memasang obor kecil ini dapat terus dilestarikan oleh warga Desa Ketegan dan menjadi warisan budaya yang terus hidup hingga generasi mendatang,” harap Slamet. (*)

 

Editor: Mohammad S

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga  Nahas! Ibu-anak Disasak Truk saat Mendahului Bus di Grati

Baca Juga

Berharap Kemakmuran, Warga Tengger Bromo Gelar Ritual Unan-unan

Probolinggo,- Warga Suku Tengger di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Selasa (23/4/2024) siang, gelar ritual Unan-unan. …