PANTAU: Proses pemantauan hilal di Pantai Duta Paiton. (foto: Ali Yak'lu)

Jarak Hilal Terlalu Tipis, Idul Fitri 1444 H Diprediksi Tanggal 22 April

Paiton,- Tim Hisab Rukyat (THR) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo kembali melakukan pemantauan hilal guna menentukan 1 Syawal 1444 Hijriyah di Pantai Duta di Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kamis (20/4/2023) petang.

Rombongan THR tiba sekitar pukul 16.00 WIB di lokasi dan langsung mempersiapkan sejumlah alat pemantauan.

Terdapat beberapa alat yang digunakan dalam pemantauan hilal kali ini. Mulai alat tradisional seperti, gawang lokasi dan benang azimut, hingga teleskop yang merupakan alat modern.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo, Syamsur mengatakan, pemantauan hilal ini dilakukan selama enam menit dari pukul 17.22 – 17.28 WIB.

Namun, selama proses pemantauan berlangsung, hilal gagal terlihat lantaran tebalnya awan hitam yang berada di titik pemantauan

“Rukyatul hilal ini tergantung kondisi cuaca. Jadi kondisi alam sangat menentukan,” katanya, Kamis sore.

Selain itu, posisi hilal yang hanya berada 2,11 derajat di sisi utara matahari dengan ketinggian 1,2 derajat juga menjadi faktor sulitnya melihat hilal.

Sebab lokasinya yang terlalu dekat dengan matahari membuat titik pemantauan menjadi bias oleh sinar matahari.

“Normalnya itu jaraknya tiga derajat, tapi kali ini posisinya sekitar 1 derajat, sehingga bias oleh matahari, ini juga yang menyulitkan,” terangnya.

Dengan hasil tersebut, ini menjadi kali keenam THR Kemenag setempat gagal melihat hilal awal Syawal di lokasi pemantauan Pantai Duta. “Semoga saja tahun-tahun selanjutnya bisa terlihat,” ujarnya.

Ia menambahkan, berdasarkan kesepakatan bersama antara empat menteri agama dari empat negara berbeda yakni, Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia dan Singapura (Mabims) disepakati penentuan awal bulan jika jarak hilal sudah berada sekitar 6,4 derajat dari matahari dengan ketinggian enam tiga derajat.

Sehingga, dengan hal ini besar kemungkinan awal Syawal 1444 hijriah, akan jatuh pada Sabtu mendatang. Namun, terlepas dari itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menunggu hasil sidang isbat Kementerian Agama RI yang digelar Sabtu malam.

Baca Juga  Cek Kesiapan Angkutan Lebaran 2024, Kemenhub Audit Stasiun Probolinggo

“Kami mengimbau agar masyarakat tetap menunggu hasil sidang isbat dari kemenag pusat,” ujarnya. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Jelang Keberangkatan, CJH Kota Probolinggo Manasik Haji di Miniatur Ka’bah

Probolinggo,- Untuk memantapkan pelaksanaan ibadah haji, Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Probolinggo pada Kamis (2/5/24) …